Desain Rumah 6×11 dengan 2 Lantai: Ruang yang Berdimensi

Desain Rumah 6x11 dengan 2 Lantai: Ruang yang Berdimensi
Desain Rumah 6x11 dengan 2 Lantai: Ruang yang Berdimensi

RumahMinima.com – Untuk anda yang sedang mencari Desain Rumah 6×11 dengan 2 Lantai: Ruang yang Berdimensi  berikut kami rangkum ide seputar desain rumah Desain Rumah 6×11 2 Lantai Inspirasi Desain Rumah, Dekorasi Interior Eksterior Rumah, Pagar Rumah, Railing Tangga, Kanopi serta Tips Membangun Rumah, Jasa Konstruksi dan Pembuatan Rumah.

Desain Rumah 6x11 2 Lantai

Desain rumah 6×11 2 lantai merupakan rancangan konstruksi bangunan tempat tinggal dengan ukuran lebar 6 meter dan panjang 11 meter, serta memiliki dua tingkat lantai.

Read More

Model rumah ini banyak diminati karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga cocok untuk keluarga dengan jumlah anggota sedang. Selain itu, desain rumah 2 lantai juga dapat menghemat lahan dan memberikan privasi yang lebih baik antara area publik dan privat.

Salah satu contoh desain rumah 6×11 2 lantai yang populer adalah model minimalis. Desain ini mengutamakan kesederhanaan bentuk dan penggunaan warna-warna netral, sehingga menciptakan kesan yang bersih dan modern.

Desain Rumah 6×11 2 Lantai

Dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan. Aspek-aspek ini meliputi:

  • Ukuran tanah
  • Jumlah lantai
  • Tata letak ruangan
  • Desain fasad
  • Material bangunan
  • Pencahayaan
  • Ventilasi
  • Sanitasi
  • Biaya pembangunan

Semua aspek tersebut saling berkaitan dan perlu dipertimbangkan secara matang agar menghasilkan desain rumah yang optimal. Misalnya, ukuran tanah akan menentukan jumlah lantai dan tata letak ruangan. Desain fasad akan berpengaruh pada estetika rumah, sedangkan material bangunan akan menentukan kekuatan dan daya tahan rumah. Pencahayaan dan ventilasi yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman dan sehat di dalam rumah. Sanitasi yang baik akan mencegah penyebaran penyakit, sedangkan biaya pembangunan akan menentukan apakah desain rumah tersebut layak untuk direalisasikan.

Ukuran Tanah

Ukuran tanah merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai. Luas tanah akan menentukan jumlah lantai, tata letak ruangan, dan desain fasad rumah.

  • Luas Tanah

    Luas tanah adalah ukuran keseluruhan dari lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Luas tanah yang ideal untuk rumah 6×11 2 lantai adalah sekitar 100-150 meter persegi.

  • Bentuk Tanah

    Bentuk tanah dapat memengaruhi desain rumah. Tanah berbentuk persegi atau persegi panjang akan lebih mudah untuk didesain dibandingkan dengan tanah berbentuk tidak beraturan.

  • Keadaan Tanah

    Keadaan tanah juga perlu diperhatikan. Tanah yang rata akan lebih mudah untuk dibangun dibandingkan dengan tanah yang miring atau berbukit.

  • Lokasi Tanah

    Lokasi tanah juga berpengaruh pada desain rumah. Tanah yang berada di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan jalan raya atau fasilitas umum, akan lebih mudah untuk dijual atau disewakan.

Dengan memperhatikan aspek ukuran tanah, Anda dapat mendesain rumah 6×11 2 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jumlah Lantai

Jumlah lantai merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai. Jumlah lantai akan menentukan tata letak ruangan, luas bangunan, dan biaya pembangunan. Rumah 2 lantai umumnya memiliki luas bangunan yang lebih besar dibandingkan dengan rumah 1 lantai dengan ukuran tanah yang sama. Hal ini karena luas lantai pada rumah 2 lantai dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu lantai dasar dan lantai atas.

Dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai, terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain:

  • Luas bangunan yang lebih besar: Rumah 2 lantai memiliki luas bangunan yang lebih besar dibandingkan dengan rumah 1 lantai dengan ukuran tanah yang sama. Hal ini karena luas lantai pada rumah 2 lantai dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu lantai dasar dan lantai atas.
  • Privasi yang lebih baik: Rumah 2 lantai dapat memberikan privasi yang lebih baik antara area publik dan privat. Area publik seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur dapat ditempatkan di lantai dasar, sedangkan area privat seperti kamar tidur dan kamar mandi dapat ditempatkan di lantai atas.
  • Nilai investasi yang lebih tinggi: Rumah 2 lantai umumnya memiliki nilai investasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah 1 lantai dengan ukuran tanah yang sama. Hal ini karena rumah 2 lantai menawarkan lebih banyak ruang dan privasi.

Namun, perlu juga untuk mempertimbangkan beberapa kekurangan dari rumah 2 lantai, antara lain:

  • Biaya pembangunan yang lebih tinggi: Rumah 2 lantai umumnya memiliki biaya pembangunan yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah 1 lantai dengan ukuran tanah yang sama. Hal ini karena rumah 2 lantai membutuhkan lebih banyak material dan tenaga kerja untuk membangunnya.
  • Tangga yang memakan tempat: Tangga pada rumah 2 lantai memakan tempat yang cukup besar. Hal ini dapat mengurangi luas ruangan yang tersedia pada lantai dasar.
  • Sulit diakses oleh lansia dan penyandang disabilitas: Rumah 2 lantai dapat sulit diakses oleh lansia dan penyandang disabilitas karena mereka harus menaiki tangga untuk mencapai lantai atas.

Dengan mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan di atas, Anda dapat menentukan apakah rumah 6×11 2 lantai cocok untuk kebutuhan dan keinginan Anda.

Tata Letak Ruangan

Tata letak ruangan merupakan aspek penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai. Tata letak ruangan yang baik dapat membuat rumah terasa lebih luas, nyaman, dan fungsional. Sebaliknya, tata letak ruangan yang buruk dapat membuat rumah terasa sempit, tidak nyaman, dan tidak efisien.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain tata letak ruangan rumah 6×11 2 lantai, antara lain:

  • Kebutuhan ruang: Tentukan terlebih dahulu kebutuhan ruang yang diperlukan, seperti jumlah kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang lainnya.
  • Sirkuit pergerakan: Perhatikan sirkulasi pergerakan antar ruang. Sirkuit pergerakan yang baik akan memudahkan penghuni untuk bergerak dari satu ruang ke ruang lainnya tanpa harus melewati ruang lain.
  • Pencahayaan dan ventilasi: Posisikan ruangan sesuai dengan arah cahaya dan angin. Ruangan yang mendapatkan cahaya dan ventilasi yang cukup akan terasa lebih nyaman dan sehat.
  • Privasi: Perhatikan privasi antar ruang. Ruang-ruang privat, seperti kamar tidur dan kamar mandi, sebaiknya ditempatkan di area yang lebih tertutup.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat mendesain tata letak ruangan rumah 6×11 2 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Desain Fasad

Desain fasad merupakan aspek penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai karena menentukan tampilan dan karakter rumah secara keseluruhan. Fasad yang menarik dan sesuai dengan konsep rumah akan meningkatkan estetika rumah dan membuat penghuninya merasa bangga.

  • Material

    Material yang digunakan untuk fasad rumah 6×11 2 lantai sangat beragam, mulai dari batu alam, bata, kayu, hingga kaca. Pemilihan material harus mempertimbangkan faktor estetika, daya tahan, dan biaya.

  • Warna

    Warna fasad rumah 6×11 2 lantai juga sangat berpengaruh pada tampilan rumah. Warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu dapat memberikan kesan elegan dan modern, sedangkan warna-warna cerah seperti kuning, hijau, dan biru dapat memberikan kesan ceria dan dinamis.

  • Ornamen

    Ornamen pada fasad rumah 6×11 2 lantai dapat mempercantik tampilan rumah dan membuatnya lebih menarik. Ornamen dapat berupa ukiran, molding, atau lampu hias.

  • Bukaan

    Bukaan pada fasad rumah 6×11 2 lantai berfungsi untuk memberikan pencahayaan dan ventilasi alami ke dalam rumah. Bukaan dapat berupa jendela, pintu, atau void.

Dengan memperhatikan desain fasad secara cermat, Anda dapat menciptakan rumah 6×11 2 lantai yang tidak hanya indah dipandang, tetapi juga nyaman dan fungsional.

Material bangunan

Material bangunan memegang peranan yang sangat penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai. Pemilihan material yang tepat tidak hanya akan memengaruhi tampilan rumah, tetapi juga kekuatan, daya tahan, dan kenyamanan penghuninya.

Material bangunan yang digunakan dalam desain rumah 6×11 2 lantai sangat beragam, mulai dari batu bata, beton, kayu, hingga kaca. Masing-masing material memiliki karakteristik dan kelebihannya sendiri. Misalnya, batu bata dikenal dengan kekuatan dan daya tahannya, beton dikenal dengan kemampuannya menahan beban yang besar, kayu dikenal dengan kehangatan dan keindahannya, sedangkan kaca dikenal dengan kemampuannya memberikan pencahayaan alami yang maksimal.

Dalam memilih material bangunan, perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti iklim, biaya, dan estetika. Misalnya, jika rumah dibangun di daerah yang lembap, sebaiknya menggunakan material yang tahan air, seperti beton atau batu bata. Jika anggaran terbatas, dapat menggunakan material yang lebih murah, seperti kayu atau bata ringan. Sedangkan jika ingin menciptakan kesan mewah, dapat menggunakan material yang lebih mahal, seperti marmer atau granit.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu aspek penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai. Pencahayaan yang baik dapat membuat rumah terasa lebih luas, nyaman, dan sehat. Sebaliknya, pencahayaan yang buruk dapat membuat rumah terasa sempit, tidak nyaman, dan tidak sehat.

Ada beberapa manfaat pencahayaan yang baik dalam desain rumah 6×11 2 lantai, antara lain:

  • Membuat rumah terasa lebih luas dan lega.
  • Meningkatkan kenyamanan penghuni rumah.
  • Menjaga kesehatan penghuni rumah.
  • Meningkatkan nilai estetika rumah.

Dalam mendesain pencahayaan rumah 6×11 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Kebutuhan pencahayaan setiap ruangan.
  • Jenis lampu yang akan digunakan.
  • Posisi lampu.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mendesain pencahayaan rumah 6×11 2 lantai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ventilasi

Ventilasi merupakan salah satu aspek penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai. Ventilasi yang baik dapat membuat rumah terasa lebih segar, sehat, dan nyaman. Sebaliknya, ventilasi yang buruk dapat menyebabkan udara di dalam rumah menjadi pengap, lembap, dan tidak sehat.

Ada beberapa manfaat ventilasi yang baik dalam desain rumah 6×11 2 lantai, antara lain:

  • Membuat rumah terasa lebih segar dan nyaman.
  • Menjaga kesehatan penghuni rumah.
  • Mengurangi kelembapan udara di dalam rumah.
  • Mengurangi risiko tumbuhnya jamur dan bakteri di dalam rumah.

Dalam mendesain ventilasi rumah 6×11 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Posisi jendela dan pintu.
  • Ukuran jendela dan pintu.
  • Jenis jendela dan pintu.
  • Penggunaan exhaust fan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat mendesain ventilasi rumah 6×11 2 lantai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sanitasi

Sanitasi merupakan aspek penting dalam desain rumah 6×11 2 lantai. Sanitasi yang baik dapat menjaga kesehatan penghuni rumah dan menciptakan lingkungan yang nyaman. Berikut adalah beberapa komponen penting sanitasi dalam desain rumah 6×11 2 lantai:

  • Sistem Pengelolaan Air Limbah
    Sistem pengelolaan air limbah yang baik akan mencegah pencemaran lingkungan dan menjaga kesehatan penghuni rumah. Sistem ini meliputi saluran pembuangan air kotor, septic tank, dan sumur resapan.
  • Sistem Penyediaan Air Bersih
    Sistem penyediaan air bersih yang baik akan memastikan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari penghuni rumah. Sistem ini meliputi sumber air, pompa air, dan jaringan pipa air.
  • Tempat Pembuangan Sampah
    Tempat pembuangan sampah yang baik akan mencegah penumpukan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Tempat sampah harus tertutup dan diletakkan di lokasi yang mudah dijangkau.
  • Ventilasi yang Baik
    Ventilasi yang baik akan menjaga kualitas udara di dalam rumah tetap baik dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Ventilasi dapat dilakukan melalui jendela, pintu, atau exhaust fan.

Dengan memperhatikan aspek sanitasi dalam desain rumah 6×11 2 lantai, Anda dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi penghuni rumah.

Biaya Pembangunan

Biaya pembangunan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai. Biaya pembangunan akan menentukan apakah desain rumah tersebut layak untuk direalisasikan atau tidak. Ada beberapa komponen biaya pembangunan yang perlu diperhitungkan, antara lain:

  • Biaya Material
    Biaya material meliputi biaya pembelian bahan-bahan bangunan, seperti batu bata, semen, kayu, dan material lainnya. Biaya material akan bervariasi tergantung pada jenis dan kualitas material yang digunakan.
  • Biaya Tenaga Kerja
    Biaya tenaga kerja meliputi biaya upah tukang dan pekerja bangunan. Biaya tenaga kerja akan bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan tingkat keahlian tukang yang dibutuhkan.
  • Biaya Perizinan
    Biaya perizinan meliputi biaya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan perizinan lainnya yang diperlukan. Biaya perizinan akan bervariasi tergantung pada daerah dan luas bangunan.
  • Biaya Tak Terduga
    Biaya tak terduga merupakan biaya yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, seperti biaya perbaikan akibat kerusakan atau biaya tambahan akibat perubahan desain. Biaya tak terduga biasanya dialokasikan sebesar 10-15% dari total biaya pembangunan.

Dengan memperhitungkan semua komponen biaya pembangunan tersebut, Anda dapat membuat perencanaan anggaran yang baik dan menghindari pembengkakan biaya pembangunan yang tidak diinginkan.

Tanya Jawab Desain Rumah 6×11 2 Lantai

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang desain rumah 6×11 2 lantai, beserta jawabannya.

Pertanyaan 1: Berapa luas tanah yang ideal untuk membangun rumah 6×11 2 lantai?

Luas tanah yang ideal untuk membangun rumah 6×11 2 lantai adalah sekitar 100-150 meter persegi.

Pertanyaan 2: Apa saja keuntungan membangun rumah 2 lantai?

Keuntungan membangun rumah 2 lantai antara lain:

  • Luas bangunan yang lebih besar
  • Privasi yang lebih baik
  • Nilai investasi yang lebih tinggi

Pertanyaan 3: Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendesain tata letak ruangan rumah 6×11 2 lantai?

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain tata letak ruangan rumah 6×11 2 lantai antara lain:

  • Kebutuhan ruang
  • Sirkulasi pergerakan
  • Pencahayaan dan ventilasi
  • Privasi

Pertanyaan 4: Material apa saja yang biasa digunakan untuk fasad rumah 6×11 2 lantai?

Material yang biasa digunakan untuk fasad rumah 6×11 2 lantai antara lain:

  • Batu alam
  • Bata
  • Kayu
  • Kaca

Pertanyaan 5: Apa saja manfaat pencahayaan yang baik dalam desain rumah 6×11 2 lantai?

Manfaat pencahayaan yang baik dalam desain rumah 6×11 2 lantai antara lain:

  • Membuat rumah terasa lebih luas dan lega
  • Meningkatkan kenyamanan penghuni rumah
  • Menjaga kesehatan penghuni rumah
  • Meningkatkan nilai estetika rumah

Pertanyaan 6: Komponen apa saja yang termasuk dalam sistem sanitasi rumah 6×11 2 lantai?

Komponen sistem sanitasi rumah 6×11 2 lantai antara lain:

  • Sistem pengelolaan air limbah
  • Sistem penyediaan air bersih
  • Tempat pembuangan sampah
  • Ventilasi yang baik

Demikian beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang desain rumah 6×11 2 lantai. Dengan memperhatikan aspek-aspek yang telah dibahas, Anda dapat mendesain rumah yang nyaman, sehat, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang biaya pembangunan rumah 6×11 2 lantai. Perhitungan biaya pembangunan yang akurat sangat penting untuk memastikan bahwa proyek pembangunan rumah Anda berjalan lancar dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Tips Mendesain Rumah 6×11 2 Lantai

Dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menciptakan rumah yang nyaman, sehat, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah lima tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Perhatikan Tata Letak Ruangan
    Tata letak ruangan yang baik akan membuat rumah terasa lebih luas dan nyaman. Pastikan untuk menempatkan ruang-ruang sesuai dengan kebutuhan dan sirkulasi pergerakan.
  2. Gunakan Pencahayaan Alami
    Pencahayaan alami dapat membuat rumah terasa lebih segar dan sehat. Maksimalkan penggunaan jendela dan pintu untuk memberikan pencahayaan alami yang cukup.
  3. Perhatikan Ventilasi Udara
    Ventilasi udara yang baik akan membuat rumah terasa lebih segar dan mencegah pertumbuhan jamur. Pastikan untuk menyediakan bukaan pada setiap ruangan, seperti jendela atau exhaust fan.
  4. Pilih Furnitur yang Tepat
    Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran dan gaya rumah Anda. Hindari menggunakan furnitur yang terlalu besar atau terlalu kecil, karena dapat membuat rumah terasa sempit atau berantakan.
  5. Tambahkan Tanaman Hias
    Tanaman hias dapat mempercantik tampilan rumah dan sekaligus memberikan udara yang lebih segar. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan dan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan rumah 6×11 2 lantai yang nyaman, sehat, dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, kita akan membahas tentang biaya pembangunan rumah 6×11 2 lantai. Perhitungan biaya pembangunan yang akurat sangat penting untuk memastikan bahwa proyek pembangunan rumah Anda berjalan lancar dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Desain rumah 6×11 2 lantai menawarkan banyak keuntungan, seperti luas bangunan yang lebih besar, privasi yang lebih baik, dan nilai investasi yang lebih tinggi. Dalam mendesain rumah 6×11 2 lantai, perlu memperhatikan beberapa aspek penting, seperti ukuran tanah, jumlah lantai, tata letak ruangan, desain fasad, material bangunan, pencahayaan, ventilasi, sanitasi, dan biaya pembangunan.

Dengan mempertimbangkan semua aspek tersebut, dapat diciptakan desain rumah 6×11 2 lantai yang nyaman, sehat, dan sesuai dengan kebutuhan. Rumah yang nyaman dan sehat akan meningkatkan kualitas hidup penghuninya, serta memberikan rasa bangga dan kepuasan tersendiri.

Youtube Video:


Related posts