Desain Rumah 7×20 1 Lantai: Hunian Luas dalam Ukuran yang Terjangkau

Desain Rumah 7x20 1 Lantai: Hunian Luas dalam Ukuran yang Terjangkau
Desain Rumah 7x20 1 Lantai: Hunian Luas dalam Ukuran yang Terjangkau

RumahMinima.com – Untuk anda yang sedang mencari Desain Rumah 7×20 1 Lantai: Hunian Luas dalam Ukuran yang Terjangkau  berikut kami rangkum ide seputar desain rumah Desain Rumah 7×20 1 Lantai Inspirasi Desain Rumah, Dekorasi Interior Eksterior Rumah, Pagar Rumah, Railing Tangga, Kanopi serta Tips Membangun Rumah, Jasa Konstruksi dan Pembuatan Rumah.

Desain Rumah 7x20 1 Lantai

Desain rumah 7×20 1 lantai adalah desain rumah dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 20 meter, yang dibangun dalam satu lantai. Contohnya adalah rumah tipe 36 atau 45, yang banyak ditemukan di perumahan-perumahan di Indonesia.

Read More

Desain rumah 7×20 1 lantai memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Murah dan terjangkau, karena ukurannya yang tidak terlalu besar.
  • Praktis dan fungsional, karena semua ruangan berada dalam satu lantai.
  • Nyaman dan aman, karena tidak ada tangga yang perlu dinaiki atau dituruni.

Salah satu perkembangan penting dalam desain rumah 7×20 1 lantai adalah penggunaan atap baja ringan. Atap baja ringan lebih ringan dan kuat dibandingkan atap tradisional, sehingga dapat menghemat biaya konstruksi dan memperpanjang umur bangunan.

Artikel ini akan membahas secara lebih mendalam tentang desain rumah 7×20 1 lantai, termasuk tips membangun, memilih desain, dan mendekorasinya.

Desain Rumah 7×20 1 Lantai

Dalam mendesain rumah 7×20 1 lantai, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Ukuran: 7×20 meter
  • Jumlah lantai: 1
  • Tata ruang: Fungsional dan praktis
  • Pencahayaan: Maksimalkan cahaya alami
  • Ventilasi: Sirkulasi udara yang baik
  • Material: Pilih material yang berkualitas
  • Struktur: Kokoh dan tahan lama
  • Estetika: Sesuaikan dengan selera pribadi
  • Biaya: Perhitungkan dengan cermat

Kesembilan aspek tersebut saling berkaitan dan sangat penting untuk diperhatikan agar menghasilkan desain rumah 7×20 1 lantai yang ideal. Misalnya, ukuran rumah yang terbatas harus diimbangi dengan tata ruang yang fungsional dan praktis, serta pencahayaan dan ventilasi yang maksimal untuk menciptakan suasana yang nyaman. Selain itu, pemilihan material yang berkualitas dan struktur yang kokoh akan memastikan rumah tahan lama dan aman dihuni. Terakhir, estetika rumah harus disesuaikan dengan selera pribadi, namun tetap mempertimbangkan aspek biaya agar sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Ukuran

Ukuran 7×20 meter adalah dimensi standar yang umum digunakan untuk desain rumah 7×20 1 lantai. Luas tanah ini memungkinkan pembangunan rumah dengan ukuran yang cukup lega dan nyaman.

  • Luas Bangunan

    Luas bangunan yang dapat dibangun pada lahan 7×20 meter sekitar 140 meter persegi. Ukuran ini cukup untuk membangun rumah dengan 3-4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan.

  • Tata Ruang

    Ukuran 7×20 meter memberikan keleluasaan dalam mendesain tata ruang rumah. Pemilik rumah dapat memilih untuk membuat ruang tamu dan ruang keluarga terpisah, atau menggabungkannya menjadi satu ruang yang lebih luas.

  • Pencahayaan dan Ventilasi

    Rumah dengan ukuran 7×20 meter memiliki potensi pencahayaan dan ventilasi yang baik. Dengan penempatan jendela dan pintu yang tepat, rumah akan terasa lebih terang dan sejuk.

  • Nilai Investasi

    Rumah dengan ukuran 7×20 meter memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Ukurannya yang ideal dan lokasinya yang strategis membuat rumah ini banyak diminati, baik untuk ditempati sendiri maupun disewakan.

Secara keseluruhan, ukuran 7×20 meter merupakan pilihan yang tepat bagi keluarga yang menginginkan rumah dengan ukuran yang cukup lega, nyaman, dan memiliki nilai investasi yang tinggi.

Jumlah lantai

Desain rumah 7×20 1 lantai memiliki keunikan dari segi jumlah lantainya, yaitu hanya satu lantai. Karakteristik ini membawa pengaruh pada berbagai aspek desain dan pembangunan rumah, sehingga penting untuk memahami implikasinya secara lebih mendalam.

  • Tata Ruang

    Dengan hanya satu lantai, tata ruang rumah harus direncanakan dengan cermat agar semua fungsi ruang dapat terpenuhi. Pembagian ruang harus proporsional dan memperhatikan kebutuhan seluruh penghuni rumah.

  • Konstruksi

    Rumah 1 lantai umumnya lebih mudah dan cepat dibangun dibandingkan rumah bertingkat. Hal ini karena struktur bangunan lebih sederhana dan tidak memerlukan pondasi yang terlalu dalam.

  • Biaya

    Membangun rumah 1 lantai biasanya lebih hemat biaya dibandingkan rumah bertingkat. Hal ini karena penggunaan material dan tenaga kerja lebih sedikit, serta waktu pengerjaan yang lebih singkat.

  • Aksesibilitas

    Rumah 1 lantai mudah diakses oleh semua orang, termasuk lansia dan penyandang disabilitas. Tidak adanya tangga membuat penghuni dapat bergerak bebas dan aman di seluruh bagian rumah.

Dengan memahami implikasi dari “Jumlah lantai: 1” pada desain rumah 7×20 1 lantai, pemilik rumah dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Rumah 1 lantai menawarkan banyak keuntungan, seperti kemudahan pembangunan, biaya yang lebih rendah, dan aksesibilitas yang baik, sehingga menjadi pilihan ideal bagi banyak keluarga.

Tata ruang

Tata ruang yang fungsional dan praktis adalah hal yang sangat penting dalam desain rumah 7×20 1 lantai. Dengan luas tanah yang terbatas, tata ruang harus dirancang dengan cermat agar semua fungsi ruang dapat terpenuhi secara optimal. Pembagian ruang harus proporsional dan memperhatikan kebutuhan seluruh penghuni rumah.

Salah satu contoh tata ruang yang fungsional dan praktis pada desain rumah 7×20 1 lantai adalah dengan menempatkan ruang tamu dan ruang keluarga di bagian depan rumah, berdekatan dengan pintu masuk. Hal ini akan memudahkan tamu untuk berkunjung dan bersosialisasi. Sementara itu, kamar tidur diletakkan di bagian belakang rumah, agar lebih privat dan tenang. Dapur dan ruang makan biasanya ditempatkan di tengah rumah, sebagai pusat aktivitas keluarga.

Selain pembagian ruang yang proporsional, desain rumah 7×20 1 lantai juga harus memperhatikan aspek fungsionalitas. Setiap ruang harus dirancang sesuai dengan fungsinya, dengan memperhatikan alur sirkulasi dan penempatan furnitur yang optimal. Misalnya, kamar tidur utama harus dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan lemari pakaian yang cukup luas. Dapur harus dirancang dengan memperhatikan alur kerja yang efisien, dengan menempatkan kompor, wastafel, dan kulkas pada posisi yang ergonomis.

Dengan memperhatikan aspek fungsionalitas dan kepraktisan, desain rumah 7×20 1 lantai dapat menciptakan ruang hidup yang nyaman dan efisien, meskipun dengan luas tanah yang terbatas. Tata ruang yang direncanakan dengan baik akan memudahkan penghuni rumah untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan menciptakan suasana yang harmonis.

Pencahayaan

Pencahayaan memegang peranan penting dalam desain rumah 7×20 1 lantai. Dengan memaksimalkan cahaya alami, rumah akan terasa lebih terang, nyaman, dan hemat energi. Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan cahaya alami pada desain rumah 7×20 1 lantai, antara lain:

  • Orientasi Bangunan

    Orientasi bangunan yang tepat dapat memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Sebaiknya posisikan ruang-ruang utama, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur, menghadap ke arah timur atau utara, di mana sinar matahari tidak terlalu terik.

  • Bukaan Jendela

    Bukaan jendela yang lebar dan tinggi akan memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk ke dalam rumah. Pertimbangkan penggunaan jendela kaca besar atau jendela dari lantai ke langit-langit pada ruangan yang membutuhkan banyak cahaya, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

  • Atap Transparan

    Penggunaan atap transparan, seperti skylight atau solartube, dapat menjadi sumber cahaya alami tambahan pada ruangan yang tidak memiliki banyak bukaan jendela. Atap transparan sangat cocok untuk ruangan seperti kamar mandi, dapur, atau ruang kerja.

  • Warna Cat dan Furnitur

    Warna cat dan furnitur yang terang dapat memantulkan cahaya alami dan membuat ruangan terasa lebih terang. Hindari penggunaan warna gelap pada dinding dan furnitur, karena dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Dengan memaksimalkan cahaya alami pada desain rumah 7×20 1 lantai, penghuni dapat menciptakan ruang hidup yang sehat, nyaman, dan hemat energi. Cahaya alami tidak hanya membuat rumah terasa lebih luas dan lapang, tetapi juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Ventilasi

Ventilasi yang baik sangat penting dalam desain rumah 7×20 1 lantai. Sirkulasi udara yang baik akan membuat rumah terasa lebih nyaman dan sehat, serta dapat mencegah masalah kesehatan seperti asma dan alergi. Ada beberapa cara untuk meningkatkan ventilasi pada desain rumah 7×20 1 lantai, antara lain dengan memasang jendela dan pintu yang cukup, menggunakan exhaust fan, dan membuat bukaan silang pada dinding.

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan ventilasi pada desain rumah 7×20 1 lantai adalah dengan memasang jendela dan pintu yang cukup. Jendela dan pintu akan memungkinkan udara segar masuk dan udara kotor keluar. Sebaiknya pasang jendela dan pintu di sisi berlawanan rumah untuk menciptakan aliran udara silang. Selain itu, pastikan untuk memasang exhaust fan di dapur dan kamar mandi untuk membantu mengeluarkan udara kotor dan lembap.

Cara lain untuk meningkatkan ventilasi pada desain rumah 7×20 1 lantai adalah dengan membuat bukaan silang pada dinding. Bukaan silang adalah lubang atau celah yang dibuat pada dinding yang berlawanan. Bukaan silang akan memungkinkan udara segar masuk dan udara kotor keluar, bahkan ketika jendela dan pintu tertutup. Bukaan silang sangat efektif untuk meningkatkan ventilasi pada ruangan yang tidak memiliki jendela atau pintu yang cukup, seperti kamar mandi atau ruang penyimpanan.

Ventilasi yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah. Dengan memastikan bahwa desain rumah 7×20 1 lantai memiliki ventilasi yang baik, penghuni dapat menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan nyaman.

Material

Dalam mendesain rumah 7×20 1 lantai, pemilihan material yang berkualitas sangat penting untuk memastikan kekuatan, daya tahan, dan kenyamanan hunian. Material yang berkualitas juga dapat meningkatkan nilai estetika dan investasi rumah.

  • Bahan Dinding

    Bahan dinding yang berkualitas seperti batu bata merah, batako press, atau beton akan membuat dinding lebih kokoh dan tahan lama. Hindari penggunaan bahan dinding yang mudah retak atau menyerap air, seperti batako biasa atau triplek.

  • Struktur Atap

    Struktur atap yang kuat sangat penting untuk melindungi rumah dari terik matahari, hujan, dan angin. Gunakan rangka atap baja ringan atau kayu berkualitas tinggi yang dapat menahan beban dengan baik. Hindari penggunaan rangka atap yang mudah berkarat atau lapuk.

  • Kusen dan Pintu

    Kusen dan pintu yang berkualitas terbuat dari kayu solid atau aluminium yang kuat dan tahan lama. Hindari penggunaan kusen dan pintu yang mudah lapuk atau rusak, seperti kayu lunak atau plastik.

  • Lantai

    Lantai yang berkualitas terbuat dari keramik, granit, atau parket kayu yang kuat, tahan gores, dan mudah dibersihkan. Hindari penggunaan lantai yang mudah terkelupas atau menyerap air, seperti vinyl atau karpet.

Dengan memilih material yang berkualitas untuk desain rumah 7×20 1 lantai, penghuni dapat memastikan bahwa hunian mereka kuat, tahan lama, nyaman, dan memiliki nilai estetika dan investasi yang tinggi.

Struktur

Struktur yang kokoh dan tahan lama merupakan aspek krusial dalam desain rumah 7×20 1 lantai. Struktur yang kuat akan memastikan keamanan dan kenyamanan penghuni, serta meningkatkan daya tahan rumah terhadap berbagai kondisi cuaca dan bencana alam. Salah satu contoh struktur yang kokoh dan tahan lama adalah penggunaan rangka baja ringan untuk atap. Rangka baja ringan memiliki bobot yang ringan, namun memiliki kekuatan yang tinggi sehingga dapat menahan beban berat dan tidak mudah rusak.

Selain rangka atap, struktur pondasi juga sangat penting untuk memastikan kekuatan dan daya tahan rumah. Pondasi yang kokoh akan mencegah terjadinya keretakan pada dinding dan lantai, serta melindungi rumah dari pergerakan tanah. Pondasi yang baik biasanya menggunakan beton bertulang yang dicor secara menyeluruh. Struktur dinding yang kokoh juga dapat dicapai dengan menggunakan batu bata merah atau batako press yang disusun dengan rapi dan kuat menggunakan campuran semen dan pasir yang berkualitas.

Dengan memperhatikan struktur yang kokoh dan tahan lama dalam desain rumah 7×20 1 lantai, penghuni dapat memastikan bahwa hunian mereka aman, nyaman, dan tahan lama. Struktur yang kuat akan melindungi penghuni dari berbagai bahaya dan memberikan ketenangan pikiran, serta meningkatkan nilai investasi rumah dalam jangka panjang.

Estetika

Estetika merupakan aspek penting dalam desain rumah 7×20 1 lantai, di mana pemilik rumah dapat mengekspresikan preferensi dan gaya hidup mereka melalui tampilan dan nuansa hunian. Ada beberapa aspek estetika yang dapat disesuaikan dengan selera pribadi, di antaranya:

  • Fasad

    Fasad atau tampilan luar rumah dapat disesuaikan dengan selera pribadi melalui pemilihan warna cat, material dinding, dan elemen dekoratif seperti pagar dan tanaman. Pemilik rumah dapat memilih gaya fasad yang modern, minimalis, klasik, atau tradisional sesuai dengan preferensi mereka.

  • Interior

    Penataan dan pemilihan furnitur, warna dinding, dan dekorasi interior juga dapat disesuaikan dengan selera pribadi. Pemilik rumah dapat memilih gaya interior yang elegan, nyaman, atau eklektik, tergantung pada preferensi mereka. Pemilihan furnitur dan dekorasi yang tepat dapat menciptakan suasana rumah yang sesuai dengan karakter dan gaya hidup penghuninya.

  • Taman

    Keberadaan taman atau area hijau di sekitar rumah dapat memperindah estetika hunian. Pemilik rumah dapat mendesain taman sesuai dengan selera pribadi, apakah ingin taman bergaya tropis, minimalis, atau tradisional.

  • Pencahayaan

    Pencahayaan tidak hanya berfungsi untuk menerangi rumah, tetapi juga dapat memperindah estetika. Pemilik rumah dapat memilih jenis lampu, warna lampu, dan penempatan lampu yang sesuai dengan selera pribadi. Pencahayaan yang tepat dapat menciptakan suasana yang nyaman dan hangat.

Dengan memperhatikan aspek estetika dan menyesuaikannya dengan selera pribadi, pemilik rumah dapat menciptakan hunian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga mencerminkan karakter dan gaya hidup mereka. Estetika yang sesuai dengan selera pribadi akan membuat pemilik rumah merasa lebih betah dan nyaman di dalam hunian mereka.

Biaya

Dalam mendesain rumah 7×20 1 lantai, biaya merupakan faktor penting yang perlu diperhitungkan dengan cermat. Biaya akan menentukan kualitas bahan yang digunakan, ukuran rumah, dan kompleksitas desain. Berikut adalah beberapa aspek biaya yang perlu diperhatikan:

  • Biaya Bahan

    Biaya bahan mencakup semua bahan yang digunakan dalam pembangunan rumah, seperti batu bata, semen, kayu, dan atap. Kualitas bahan akan mempengaruhi biaya dan daya tahan rumah.

  • Biaya Tenaga Kerja

    Biaya tenaga kerja mencakup upah pekerja yang terlibat dalam pembangunan rumah, seperti tukang, mandor, dan arsitek. Jumlah tenaga kerja dan keahlian mereka akan mempengaruhi biaya.

  • Biaya Desain

    Biaya desain mencakup jasa arsitek atau desainer interior untuk membuat gambar dan rencana rumah. Kompleksitas desain akan mempengaruhi biaya.

  • Biaya Tak Terduga

    Biaya tak terduga adalah biaya yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, seperti biaya perbaikan atau penambahan fitur baru. Selalu alokasikan dana untuk biaya tak terduga.

Dengan memperhitungkan biaya secara cermat, Anda dapat memastikan bahwa Anda membangun rumah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Berkonsultasilah dengan kontraktor atau arsitek untuk mendapatkan perkiraan biaya yang akurat sebelum memulai pembangunan.

Pertanyaan Umum tentang Desain Rumah 7×20 1 Lantai

Pertanyaan Umum (FAQ) ini dirancang untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum dan mengklarifikasi berbagai aspek desain rumah 7×20 1 lantai. FAQ ini akan membahas berbagai topik, mulai dari tata ruang hingga biaya.

Pertanyaan 1: Berapa ukuran ideal untuk rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Ukuran ideal untuk rumah 7×20 1 lantai adalah sekitar 140 meter persegi. Ukuran ini memungkinkan pembangunan rumah dengan 3-4 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan.

Pertanyaan 2: Apa saja kelebihan rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Rumah 7×20 1 lantai memiliki beberapa kelebihan, antara lain murah dan terjangkau, praktis dan fungsional, nyaman dan aman, serta memiliki nilai investasi yang cukup tinggi.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara memaksimalkan pencahayaan alami pada desain rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Pencahayaan alami dapat dimaksimalkan dengan memperhatikan orientasi bangunan, membuat bukaan jendela yang lebar dan tinggi, menggunakan atap transparan, dan memilih warna cat dan furnitur yang terang.

Pertanyaan 4: Apa saja jenis material yang cocok digunakan untuk membangun rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Material yang cocok digunakan untuk membangun rumah 7×20 1 lantai antara lain batu bata merah, batako press, beton, rangka baja ringan, kayu solid, keramik, granit, dan parket kayu.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mendesain taman pada rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Taman pada rumah 7×20 1 lantai dapat didesain sesuai selera pribadi, dengan mempertimbangkan faktor seperti ukuran lahan, gaya rumah, dan jenis tanaman yang ingin ditanam.

Pertanyaan 6: Berapa kisaran biaya untuk membangun rumah 7×20 1 lantai?

Jawaban: Kisaran biaya untuk membangun rumah 7×20 1 lantai bervariasi tergantung pada lokasi, kualitas bahan, dan kompleksitas desain. Namun, secara umum biaya pembangunan rumah 7×20 1 lantai berkisar antara Rp300 juta hingga Rp600 juta.

Pertanyaan Umum ini memberikan gambaran umum tentang berbagai aspek desain rumah 7×20 1 lantai. Untuk informasi lebih mendalam, silakan konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor yang berpengalaman.

Selanjutnya, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang tips membangun rumah 7×20 1 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tips Membangun Rumah 7×20 1 Lantai

Dalam membangun rumah 7×20 1 lantai, terdapat beberapa tips yang dapat membantu Anda mewujudkan hunian yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah lima tips yang dapat Anda pertimbangkan:

Tip 1: Tentukan Kebutuhan dan Anggaran
Sebelum memulai pembangunan, tentukan kebutuhan Anda dan perkirakan anggaran yang tersedia. Hal ini akan membantu Anda menentukan ukuran, layout, dan material yang sesuai.

Tip 2: Pilih Lokasi yang Strategis
Lokasi rumah sangat penting untuk kenyamanan dan nilai investasi. Pertimbangkan faktor seperti aksesibilitas, lingkungan sekitar, dan potensi pengembangan di masa depan.

Tip 3: Rancang Tata Ruang yang Fungsional
Tata ruang rumah harus direncanakan dengan cermat agar semua fungsi ruang dapat terpenuhi. Pertimbangkan sirkulasi, pencahayaan, dan kebutuhan privasi.

Tip 4: Gunakan Material Berkualitas
Kualitas material akan menentukan kekuatan, daya tahan, dan kenyamanan rumah. Pilih material yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda, serta pastikan untuk menggunakan tukang yang berpengalaman.

Tip 5: Perhatikan Pencahayaan dan Ventilasi
Pencahayaan dan ventilasi yang baik sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan penghuni. Maksimalkan pencahayaan alami dengan membuat bukaan jendela yang lebar dan gunakan exhaust fan untuk sirkulasi udara.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membangun rumah 7×20 1 lantai yang nyaman, fungsional, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini akan memberikan Anda dan keluarga tempat tinggal yang layak dan meningkatkan kualitas hidup.

Tips-tips di atas akan membantu Anda membangun rumah 7×20 1 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara mendekorasi rumah 7×20 1 lantai agar semakin nyaman dan bergaya.

Kesimpulan

Desain rumah 7×20 1 lantai menawarkan berbagai kelebihan, seperti biaya yang terjangkau, kepraktisan, kenyamanan, dan nilai investasi yang cukup tinggi. Untuk membangun rumah 7×20 1 lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran, perlu memperhatikan beberapa aspek penting, seperti tata ruang yang fungsional, penggunaan material berkualitas, pencahayaan dan ventilasi yang baik, serta estetika yang sesuai selera pribadi.

Dengan mengikuti tips dan panduan yang telah diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mewujudkan rumah 7×20 1 lantai yang nyaman, fungsional, dan sesuai dengan harapan Anda. Rumah yang nyaman dan bergaya tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga, tetapi juga menjadi aset investasi yang berharga di masa depan.

Youtube Video:


Related posts