Desain Rumah Ruko 1 Lantai: Gabungan Antara Hunian dan Bisnis

Desain Rumah Ruko 1 Lantai: Gabungan Antara Hunian dan Bisnis
Desain Rumah Ruko 1 Lantai: Gabungan Antara Hunian dan Bisnis

RumahMinima.com – Untuk anda yang sedang mencari Desain Rumah Ruko 1 Lantai: Gabungan Antara Hunian dan Bisnis  berikut kami rangkum ide seputar desain rumah Desain Rumah Ruko 1 Lantai Inspirasi Desain Rumah, Dekorasi Interior Eksterior Rumah, Pagar Rumah, Railing Tangga, Kanopi serta Tips Membangun Rumah, Jasa Konstruksi dan Pembuatan Rumah.

Desain Rumah Ruko 1 Lantai

Desain rumah ruko 1 lantai adalah desain bangunan yang menggabungkan fungsi hunian dan komersial dalam satu lantai. Contohnya adalah ruko yang digunakan untuk tempat tinggal sekaligus toko atau kantor.

Read More

Desain rumah ruko 1 lantai memiliki beberapa keunggulan, antara lain menghemat biaya pembangunan karena hanya membutuhkan satu lantai, efisien dalam penggunaan lahan, dan praktis karena penghuni dapat dengan mudah mengakses area komersial dari dalam rumah.

Secara historis, desain rumah ruko 1 lantai telah berkembang sejak zaman dahulu, dengan contoh awal dapat ditemukan di bangunan-bangunan komersial di Eropa pada Abad Pertengahan. Seiring waktu, desain ini menyebar ke seluruh dunia dan menjadi populer di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

desain rumah ruko 1 lantai

Dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan bangunan tersebut fungsional dan estetis. Berikut adalah 10 aspek penting yang wajib dipertimbangkan:

  • Tata ruang
  • Fasad
  • Pencahayaan
  • Ventilasi
  • Material
  • Keamanan
  • Budget
  • Legalitas
  • Nilai estetika
  • Kebutuhan khusus

Tata ruang yang baik akan memastikan kenyamanan dan kelancaran aktivitas di dalam ruko. Fasad yang menarik akan menjadi daya tarik bagi pelanggan atau klien. Pencahayaan dan ventilasi yang cukup akan menciptakan suasana yang sehat dan nyaman. Material yang tepat akan menentukan kekuatan dan daya tahan bangunan. Keamanan yang terjamin akan melindungi penghuni dan aset di dalamnya. Budget yang realistis akan menghindarkan dari pembengkakan biaya pembangunan. Legalitas yang lengkap akan memberikan kepastian hukum bagi pemilik ruko. Nilai estetika yang tinggi akan meningkatkan daya jual atau sewa ruko. Kebutuhan khusus, seperti aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, juga perlu diperhatikan.

Tata ruang

Tata ruang merupakan aspek krusial dalam desain rumah ruko 1 lantai. Tata ruang yang baik akan menentukan kenyamanan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas di dalam ruko. Tata ruang juga berpengaruh pada estetika dan kesan yang ditimbulkan oleh ruko.

Tata ruang rumah ruko 1 lantai umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu area komersial dan area hunian. Area komersial biasanya terletak di bagian depan ruko, menghadap jalan raya. Area ini digunakan untuk kegiatan usaha, seperti toko, kantor, atau tempat praktik. Sementara itu, area hunian terletak di bagian belakang ruko, berbatasan dengan halaman atau taman. Area ini digunakan untuk tempat tinggal pemilik ruko atau karyawannya.

Dalam mendesain tata ruang rumah ruko 1 lantai, perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain:

  1. Pembagian ruang yang jelas antara area komersial dan area hunian.
  2. Alur sirkulasi yang lancar, baik untuk pelanggan maupun penghuni.
  3. Penempatan fasilitas yang tepat, seperti kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.
  4. Pencahayaan dan ventilasi yang cukup di setiap ruangan.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, tata ruang rumah ruko 1 lantai dapat dioptimalkan untuk menciptakan bangunan yang fungsional, nyaman, dan estetis.

Fasad

Fasad merupakan elemen penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Fasad tidak hanya berfungsi sebagai wajah bangunan, tetapi juga memiliki pengaruh besar terhadap estetika, nilai jual, dan kenyamanan penghuni. Fasad yang menarik dapat menarik pelanggan dan menciptakan kesan positif bagi bisnis yang dijalankan di dalam ruko.

Dalam mendesain fasad rumah ruko 1 lantai, perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain:

  1. Kesesuaian dengan konsep dan fungsi bangunan
  2. Pemilihan material yang tepat, seperti keramik, batu alam, atau kaca
  3. Pencahayaan yang baik, baik alami maupun buatan
  4. Ventilasi yang cukup untuk menjaga sirkulasi udara di dalam bangunan

Banyak contoh fasad rumah ruko 1 lantai yang dapat kita temukan di sekitar kita. Misalnya, fasad rumah ruko 1 lantai dengan gaya minimalis yang menggunakan material kaca dan beton, fasad rumah ruko 1 lantai dengan gaya tradisional yang menggunakan material kayu dan batu alam, atau fasad rumah ruko 1 lantai dengan gaya modern yang menggunakan material logam dan kaca. Masing-masing gaya fasad memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan konsep dan fungsi bangunan.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Pencahayaan yang baik tidak hanya menciptakan suasana yang nyaman dan sehat, tetapi juga dapat mempengaruhi estetika dan nilai jual ruko.

Pencahayaan alami sangat penting untuk rumah ruko 1 lantai. Pencahayaan alami dapat menghemat energi dan menciptakan suasana yang lebih sehat dan nyaman bagi penghuni. Selain itu, pencahayaan alami juga dapat membuat ruko terlihat lebih luas dan terang. Untuk memaksimalkan pencahayaan alami, gunakan jendela dan pintu kaca yang besar. Atap transparan juga dapat menjadi pilihan untuk memberikan pencahayaan alami pada area tengah ruko.

Selain pencahayaan alami, pencahayaan buatan juga diperlukan untuk menerangi ruko pada malam hari atau saat cuaca mendung. Pencahayaan buatan dapat berasal dari lampu gantung, lampu dinding, atau lampu meja. Pemilihan jenis lampu dan penempatannya harus disesuaikan dengan fungsi dan estetika ruko. Misalnya, lampu sorot dapat digunakan untuk menerangi area display produk, sedangkan lampu downlight dapat digunakan untuk menerangi area kerja.

Ventilasi

Ventilasi merupakan salah satu aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Ventilasi yang baik tidak hanya menciptakan suasana yang nyaman dan sehat, tetapi juga dapat mempengaruhi estetika dan nilai jual ruko.

  • Udara Segar

    Ventilasi yang baik memungkinkan udara segar masuk ke dalam ruko, sehingga penghuni dapat bernapas dengan lega dan nyaman. Udara segar juga dapat mengurangi kelembapan dan mencegah pertumbuhan jamur.

  • Cahaya Alami

    Ventilasi yang baik juga memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruko, sehingga ruko terlihat lebih terang dan luas. Cahaya alami juga dapat menghemat energi dan menciptakan suasana yang lebih sehat dan nyaman.

  • Mengurangi Bau

    Ventilasi yang baik dapat membantu mengurangi bau tidak sedap di dalam ruko, seperti bau makanan, asap rokok, atau bau dari kamar mandi. Bau yang tidak sedap dapat membuat penghuni tidak nyaman dan berdampak buruk pada kesehatan.

  • Mengatur Suhu

    Ventilasi yang baik dapat membantu mengatur suhu di dalam ruko, sehingga ruko tidak terasa terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini penting untuk kenyamanan penghuni dan dapat menghemat biaya energi.

Dengan memperhatikan aspek ventilasi dalam desain rumah ruko 1 lantai, penghuni dapat menciptakan suasana yang nyaman, sehat, dan estetis di dalam ruko mereka.

Material

Pemilihan material yang tepat merupakan salah satu aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Material yang tepat akan menentukan kekuatan, daya tahan, dan estetika bangunan. Selain itu, material juga dapat mempengaruhi biaya pembangunan dan perawatan ruko.

  • Jenis Material

    Terdapat berbagai jenis material yang dapat digunakan untuk membangun rumah ruko 1 lantai, antara lain batu bata, beton, kayu, dan baja. Pemilihan jenis material harus disesuaikan dengan konsep dan fungsi ruko. Misalnya, batu bata dapat digunakan untuk menciptakan kesan tradisional, sedangkan beton dapat digunakan untuk menciptakan kesan modern.

  • Kualitas Material

    Selain jenis material, kualitas material juga perlu diperhatikan. Material yang berkualitas baik akan menghasilkan bangunan yang kuat dan tahan lama. Sebaliknya, material yang berkualitas buruk dapat menyebabkan bangunan cepat rusak dan memerlukan biaya perawatan yang tinggi.

  • Estetika Material

    Estetika material juga perlu dipertimbangkan dalam desain rumah ruko 1 lantai. Material yang estetis dapat meningkatkan nilai jual dan daya tarik ruko. Misalnya, kayu dapat digunakan untuk menciptakan kesan hangat dan alami, sedangkan kaca dapat digunakan untuk menciptakan kesan modern dan mewah.

  • Biaya Material

    Biaya material juga merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Biaya material dapat bervariasi tergantung pada jenis, kualitas, dan ketersediaan material. Pemilihan material yang tepat dapat membantu menghemat biaya pembangunan dan perawatan ruko.

Dengan memperhatikan aspek material secara komprehensif, pemilik ruko dapat menciptakan bangunan yang kuat, tahan lama, estetis, dan hemat biaya.

Keamanan

Keamanan merupakan aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Hal ini dikarenakan ruko merupakan tempat tinggal sekaligus tempat usaha, sehingga keamanan penghuni dan aset di dalamnya menjadi prioritas utama.

  • Sistem Keamanan
    Sistem keamanan yang baik meliputi penggunaan kunci, alarm, dan kamera pengawas. Pemasangan sistem keamanan yang tepat dapat mencegah atau mempersulit terjadinya tindak kejahatan, seperti pencurian dan perampokan.
  • Pagar dan Tembok
    Pagar dan tembok yang kokoh dapat menjadi penghalang fisik bagi pelaku kejahatan. Pagar dan tembok juga dapat menciptakan kesan aman dan nyaman bagi penghuni ruko.
  • Pencahayaan yang Cukup
    Pencahayaan yang cukup di sekitar ruko dapat mencegah pelaku kejahatan beraksi. Lampu jalan, lampu taman, dan lampu teras yang terang dapat membuat ruko terlihat lebih aman dan tidak mengundang kejahatan.
  • Lingkungan yang Aman
    Lingkungan yang aman adalah lingkungan yang bebas dari tindak kejahatan dan gangguan keamanan lainnya. Pemilihan lokasi ruko di lingkungan yang aman dapat meningkatkan keamanan ruko dan penghuninya.

Dengan memperhatikan aspek keamanan secara komprehensif, pemilik ruko dapat menciptakan tempat tinggal dan usaha yang aman dan nyaman bagi penghuninya.

Budget

Dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, aspek budget memegang peranan penting. Budget yang realistis akan menentukan kelancaran proses pembangunan dan hasil akhir yang sesuai dengan harapan. Berikut adalah beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan budget rumah ruko 1 lantai:

  • Biaya Tanah

    Biaya tanah merupakan salah satu komponen terbesar dalam budget pembangunan rumah ruko 1 lantai. Harga tanah bervariasi tergantung pada lokasi, luas, dan kondisi tanah. Pemilihan lokasi yang tepat dan negosiasi harga yang baik akan sangat mempengaruhi total budget.

  • Biaya Bangunan

    Biaya bangunan meliputi biaya material, upah pekerja, dan biaya perizinan. Jenis material yang digunakan, luas bangunan, dan kerumitan desain akan mempengaruhi besarnya biaya bangunan. Perencanaan yang matang dan pengawasan yang baik akan membantu mengoptimalkan biaya bangunan.

  • Biaya Utilitas

    Biaya utilitas meliputi biaya pemasangan listrik, air, gas, dan telepon. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada penyedia layanan dan kapasitas yang dibutuhkan. Perencanaan yang baik dan pemilihan penyedia layanan yang tepat akan membantu menghemat biaya utilitas.

  • Biaya Furnitur dan Peralatan

    Biaya furnitur dan peralatan meliputi biaya pembelian meja, kursi, tempat tidur, lemari, dan peralatan elektronik. Pemilihan furnitur dan peralatan yang sesuai dengan konsep dan fungsi ruko akan memberikan nilai tambah bagi penghuni dan meningkatkan nilai jual ruko.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut secara komprehensif, pemilik ruko dapat merencanakan budget yang realistis dan mengantisipasi pengeluaran yang mungkin terjadi selama proses pembangunan. Hal ini akan membantu menghindari pembengkakan biaya dan memastikan penyelesaian proyek sesuai dengan waktu dan anggaran yang telah ditentukan.

Legalitas

Legalitas merupakan aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Legalitas memastikan bahwa bangunan tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga aman dan nyaman untuk dihuni serta memiliki nilai jual yang tinggi.

  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

    IMB adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat yang menyatakan bahwa bangunan telah memenuhi persyaratan teknis dan administratif. IMB wajib dimiliki sebelum memulai pembangunan rumah ruko 1 lantai.

  • Sertifikat Laik Fungsi (SLF)

    SLF adalah dokumen resmi yang menyatakan bahwa bangunan telah selesai dibangun sesuai dengan IMB dan layak untuk digunakan. SLF wajib dimiliki setelah bangunan selesai dibangun.

  • Akta Jual Beli Tanah

    Akta Jual Beli Tanah adalah dokumen resmi yang menyatakan kepemilikan tanah tempat rumah ruko 1 lantai berdiri. Akta ini penting sebagai bukti kepemilikan yang sah.

  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

    PBB adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan tanah dan bangunan. PBB harus dibayar setiap tahunnya sebagai salah satu kewajiban pemilik properti.

Memastikan legalitas rumah ruko 1 lantai sangat penting untuk menghindari masalah hukum di kemudian hari. Selain itu, legalitas juga dapat meningkatkan nilai jual ruko dan memudahkan proses jual beli di masa depan.

Nilai estetika

Nilai estetika merupakan aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai. Nilai estetika tidak hanya membuat ruko terlihat menarik, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jual dan kenyamanan penghuninya.

  • Keserasian

    Keserasian mengacu pada keselarasan antara berbagai elemen desain, seperti warna, tekstur, dan bentuk. Keserasian menciptakan kesan yang menyenangkan dan nyaman bagi penghuni dan pengunjung ruko.

  • Proporsi

    Proporsi berkaitan dengan keseimbangan ukuran dan skala elemen desain. Proporsi yang baik membuat ruko terlihat seimbang dan harmonis, sehingga nyaman untuk dilihat dan ditempati.

  • Ornamen

    Ornamen adalah elemen dekoratif yang dapat memperkaya tampilan ruko. Ornamen dapat berupa ukiran, relief, atau elemen dekoratif lainnya yang sesuai dengan konsep desain ruko.

  • Pencahayaan

    Pencahayaan yang baik dapat menonjolkan nilai estetika ruko, baik pada siang maupun malam hari. Pencahayaan alami dan buatan dapat dikombinasikan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menarik.

Dengan memperhatikan nilai estetika dalam desain rumah ruko 1 lantai, pemilik ruko dapat menciptakan bangunan yang tidak hanya fungsional, tetapi juga indah dan nyaman untuk ditempati.

Kebutuhan khusus

Dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, memperhatikan kebutuhan khusus merupakan hal yang penting. Kebutuhan khusus mengacu pada kebutuhan spesifik individu atau kelompok tertentu, seperti penyandang disabilitas, lansia, atau anak-anak. Mempertimbangkan kebutuhan khusus dalam desain akan menciptakan bangunan yang inklusif dan nyaman bagi semua orang.

Salah satu contoh kebutuhan khusus yang sering dipertimbangkan dalam desain rumah ruko 1 lantai adalah aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Aksesibilitas dapat diwujudkan melalui berbagai cara, seperti menyediakan jalur landai, pegangan tangan, dan kamar mandi yang dapat diakses kursi roda. Dengan memperhatikan aksesibilitas, penyandang disabilitas dapat dengan mudah dan nyaman mengakses dan menggunakan ruko, baik untuk keperluan bisnis maupun tempat tinggal.

Selain aksesibilitas, kebutuhan khusus juga dapat mencakup aspek lain, seperti pencahayaan yang cukup untuk tunanetra, peralatan bantu dengar untuk tunarungu, atau ruang bermain yang aman untuk anak-anak. Dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus, desain rumah ruko 1 lantai dapat mengakomodasi kebutuhan semua orang, menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi seluruh anggota masyarakat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Desain Rumah Ruko 1 Lantai

Pertanyaan yang sering diajukan berikut ini akan mengulas beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, sekaligus mengklarifikasi aspek-aspek yang mungkin menjadi pertanyaan umum.

Pertanyaan 1: Apa saja aspek penting yang wajib diperhatikan dalam mendesain rumah ruko 1 lantai?

Dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, beberapa aspek penting yang wajib diperhatikan antara lain tata ruang, fasad, pencahayaan, ventilasi, material, keamanan, budget, legalitas, nilai estetika, dan kebutuhan khusus.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat tata ruang yang baik untuk rumah ruko 1 lantai?

Tata ruang yang baik untuk rumah ruko 1 lantai meliputi pembagian ruang yang jelas antara area komersial dan hunian, alur sirkulasi yang lancar, penempatan fasilitas yang tepat, serta pencahayaan dan ventilasi yang cukup di setiap ruangan.

Pertanyaan 3: Apa saja jenis material yang cocok digunakan untuk membangun rumah ruko 1 lantai?

Pemilihan jenis material untuk rumah ruko 1 lantai perlu disesuaikan dengan konsep dan fungsi bangunan. Beberapa jenis material yang umum digunakan antara lain batu bata, beton, kayu, dan baja.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara meningkatkan keamanan rumah ruko 1 lantai?

Meningkatkan keamanan rumah ruko 1 lantai dapat dilakukan dengan memasang sistem keamanan, membangun pagar dan tembok yang kokoh, memastikan pencahayaan yang cukup di sekitar bangunan, serta memilih lingkungan yang aman.

Pertanyaan 5: Apa saja dokumen legal yang diperlukan untuk rumah ruko 1 lantai?

Dokumen legal penting untuk rumah ruko 1 lantai meliputi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Akta Jual Beli Tanah, dan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahunnya.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara mempertimbangkan kebutuhan khusus dalam desain rumah ruko 1 lantai?

Memperhatikan kebutuhan khusus dalam desain rumah ruko 1 lantai dapat diwujudkan dengan menyediakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, pencahayaan yang cukup untuk tunanetra, peralatan bantu dengar untuk tunarungu, atau ruang bermain yang aman untuk anak-anak.

Pertanyaan-pertanyaan yang dijawab di atas memberikan gambaran umum tentang aspek-aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam desain rumah ruko 1 lantai. Untuk pembahasan yang lebih mendalam tentang masing-masing aspek tersebut, silakan baca artikel selanjutnya.

Tips Mendesain Rumah Ruko 1 Lantai

Dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menciptakan bangunan yang fungsional, estetis, dan nyaman. Berikut adalah lima tips yang dapat menjadi acuan:

Tip 1: Perhatikan Tata Ruang

Tata ruang yang baik akan memastikan kenyamanan dan kelancaran aktivitas di dalam ruko. Pisahkan dengan jelas area komersial dan hunian, serta perhatikan alur sirkulasi dan penempatan fasilitas.

Tip 2: Rancang Fasad yang Menarik

Fasad merupakan wajah bangunan yang dapat menarik pelanggan. Pilih material yang tepat, perhatikan pencahayaan, dan sesuaikan desain dengan konsep dan fungsi ruko.

Tip 3: Maksimalkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan. Gunakan jendela dan pintu kaca yang besar, serta pertimbangkan penggunaan atap transparan untuk memaksimalkan pencahayaan.

Tip 4: Perhatikan Ventilasi yang Baik

Ventilasi yang baik dapat mengurangi bau, mengatur suhu, dan menciptakan suasana yang sehat. Pasang jendela dan pintu yang cukup, serta pertimbangkan penggunaan exhaust fan atau AC.

Tip 5: Pilih Material yang Tepat

Material yang tepat akan menentukan kekuatan, daya tahan, dan estetika bangunan. Sesuaikan pemilihan material dengan konsep dan fungsi ruko, serta pertimbangkan aspek biaya dan perawatan.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat menciptakan desain rumah ruko 1 lantai yang memenuhi kebutuhan fungsional, estetis, dan kenyamanan. Tips ini dapat menjadi dasar untuk eksplorasi desain yang lebih mendalam pada bagian selanjutnya dari artikel ini.

Bagian selanjutnya akan membahas secara lebih detail tentang aspek-aspek penting dalam desain rumah ruko 1 lantai, seperti tata ruang, fasad, pencahayaan, ventilasi, dan material. Dengan memahami aspek-aspek ini secara komprehensif, Anda dapat mewujudkan desain rumah ruko 1 lantai yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Desain rumah ruko 1 lantai merupakan sebuah aspek penting dalam bidang arsitektur dan desain. Artikel ini telah mengulas berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam mendesain rumah ruko 1 lantai, mulai dari tata ruang, fasad, pencahayaan, ventilasi, material, keamanan, budget, legalitas, nilai estetika, hingga kebutuhan khusus.

Beberapa poin utama yang saling terkait dalam desain rumah ruko 1 lantai meliputi:

  • Tata ruang yang baik akan memastikan kenyamanan dan kelancaran aktivitas di dalam ruko.
  • Fasad yang menarik dapat menarik pelanggan dan menciptakan kesan positif bagi bisnis yang dijalankan di dalam ruko.
  • Pemilihan material yang tepat akan menentukan kekuatan, daya tahan, dan estetika bangunan.

Dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip desain yang tepat, arsitek dan desainer dapat menciptakan desain rumah ruko 1 lantai yang tidak hanya fungsional dan estetis, tetapi juga dapat meningkatkan nilai jual dan memberikan kenyamanan bagi penghuni dan pengunjung.

Youtube Video:


Related posts