Industrial Chic: Desain Rumah Industrial 2 Lantai

Industrial Chic: Desain Rumah Industrial 2 Lantai
Industrial Chic: Desain Rumah Industrial 2 Lantai

RumahMinima.com – Untuk anda yang sedang mencari Industrial Chic: Desain Rumah Industrial 2 Lantai  berikut kami rangkum ide seputar desain rumah Desain Rumah Industrial 2 Lantai Inspirasi Desain Rumah, Dekorasi Interior Eksterior Rumah, Pagar Rumah, Railing Tangga, Kanopi serta Tips Membangun Rumah, Jasa Konstruksi dan Pembuatan Rumah.

Desain Rumah Industrial 2 Lantai

Desain rumah industrial 2 lantai merupakan gaya arsitektur yang memadukan unsur-unsur industrial dengan kenyamanan hunian modern. Contoh nyata dari desain ini adalah rumah yang menggabungkan dinding bata ekspos, lantai beton, dan langit-langit tinggi dengan perabotan bergaya industrial dan pencahayaan yang dramatis.

Read More

Rumah industrial 2 lantai memiliki sejumlah keunggulan, antara lain tampilannya yang unik dan bergaya, fungsionalitasnya, dan biaya perawatannya yang relatif rendah. Gaya arsitektur ini juga memiliki relevansi historis yang kuat, karena terinspirasi dari bangunan-bangunan pabrik dan gudang pada era industrialisasi.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang karakteristik desain rumah industrial 2 lantai, serta memberikan tips dan inspirasi untuk mengimplementasikan gaya ini pada hunian Anda.

Desain Rumah Industrial 2 Lantai

Dalam mendesain rumah industrial 2 lantai, terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk menghasilkan hunian yang sesuai dengan karakteristik gaya industrial.

  • Dinding bata ekspos
  • Lantai beton
  • Langit-langit tinggi
  • Jendela besar
  • Pencahayaan dramatis
  • Perabotan bergaya industrial
  • Dekorasi logam
  • Tangga besi

Aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan membentuk karakteristik desain rumah industrial 2 lantai. Misalnya, dinding bata ekspos dan lantai beton memberikan kesan industrial yang kuat, sementara jendela besar dan langit-langit tinggi menciptakan kesan luas dan terang. Pencahayaan dramatis, perabotan industrial, dan dekorasi logam melengkapi tampilan industrial, sedangkan tangga besi menambah sentuhan maskulin dan kokoh.

Dinding Bata Ekspos

Dinding bata ekspos merupakan salah satu ciri khas desain rumah industrial 2 lantai. Dinding ini memberikan kesan industrial yang kuat dan maskulin, sekaligus menciptakan tekstur yang unik pada hunian. Penggunaan dinding bata ekspos juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Tahan Lama: Bata merupakan material yang sangat kuat dan tahan lama, sehingga dinding bata ekspos dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa membutuhkan perawatan khusus.
  • Estetika: Dinding bata ekspos memiliki nilai estetika yang tinggi. Tekstur dan warnanya yang unik dapat menciptakan kesan yang dramatis dan stylish.
  • Fungsional: Dinding bata ekspos dapat berfungsi sebagai partisi ruangan, dinding aksen, atau bahkan sebagai elemen dekoratif.
  • Mudah Dirawat: Dinding bata ekspos tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup dibersihkan secara berkala dengan sikat atau kain lembap.

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, dinding bata ekspos dapat dipadukan dengan berbagai material lain, seperti beton, besi, dan kayu. Perpaduan ini akan menghasilkan hunian yang bergaya industrial namun tetap nyaman dan fungsional.

Lantai Beton

Lantai beton merupakan salah satu aspek penting dalam desain rumah industrial 2 lantai. Penggunaan lantai beton memberikan kesan industrial yang kuat, sekaligus memiliki beberapa keunggulan yang sesuai dengan karakteristik hunian bergaya industrial.

  • Kekuatan dan Daya Tahan: Lantai beton dikenal sangat kuat dan tahan lama. Lantai ini tidak mudah rusak atau tergores, sehingga cocok untuk hunian dengan lalu lintas tinggi.
  • Estetika Industrial: Lantai beton memiliki tampilan yang khas dengan permukaannya yang kasar dan warnanya yang abu-abu. Tampilan ini sangat cocok untuk menciptakan kesan industrial yang maskulin dan modern.
  • Kemudahan Perawatan: Lantai beton sangat mudah dibersihkan dan dirawat. Cukup disapu atau dipel secara teratur untuk menjaga kebersihannya.
  • Kesesuaian dengan Pemanas Bawah Lantai: Lantai beton sangat cocok dipadukan dengan sistem pemanas bawah lantai. Beton dapat menyimpan panas dengan baik dan merata, sehingga menghasilkan kehangatan yang nyaman di seluruh ruangan.

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, lantai beton dapat dipadukan dengan berbagai material lain, seperti kayu, karpet, atau keramik. Perpaduan ini akan menghasilkan hunian yang bergaya industrial namun tetap nyaman dan sesuai dengan kebutuhan penghuninya.

Langit-langit Tinggi

Langit-langit tinggi merupakan salah satu ciri khas desain rumah industrial 2 lantai. Penggunaan langit-langit tinggi memberikan kesan luas dan terang, sekaligus memperkuat karakteristik industrial pada hunian. Ada beberapa alasan mengapa langit-langit tinggi sangat cocok untuk desain rumah industrial 2 lantai:

Pertama, langit-langit tinggi menciptakan kesan luas dan lega. Hal ini sangat penting untuk hunian bergaya industrial yang biasanya memiliki denah lantai terbuka dan minim sekat. Langit-langit tinggi membuat ruangan terasa lebih besar dan tidak sumpek, sehingga penghuni dapat merasa lebih nyaman dan bebas bergerak.

Kedua, langit-langit tinggi memungkinkan masuknya lebih banyak cahaya alami. Jendela-jendela besar yang biasanya digunakan pada desain rumah industrial 2 lantai akan semakin efektif dalam menerangi ruangan jika dipadukan dengan langit-langit tinggi. Cahaya alami yang berlimpah akan membuat hunian terasa lebih terang dan sehat, sekaligus mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan.

Ketiga, langit-langit tinggi dapat menjadi penopang yang baik untuk elemen-elemen industrial lainnya, seperti lampu gantung besar atau pipa-pipa yang terekspos. Elemen-elemen ini akan memberikan kesan industrial yang kuat pada hunian, sekaligus berfungsi sebagai dekorasi yang menarik. Langit-langit tinggi juga memungkinkan penghuni untuk memasang mezzanine atau balkon dalam ruangan, yang dapat menambah luas hunian tanpa menambah luas bangunan.

Jendela besar

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, penggunaan jendela besar merupakan sebuah keharusan. Jendela besar tidak hanya berfungsi sebagai sumber pencahayaan alami, tetapi juga memiliki peran penting dalam menciptakan karakteristik industrial pada hunian.

Jendela besar memungkinkan masuknya lebih banyak cahaya alami ke dalam ruangan. Hal ini sangat penting untuk hunian bergaya industrial yang biasanya memiliki denah lantai terbuka dan minim sekat. Cahaya alami yang berlimpah akan membuat ruangan terasa lebih terang dan sehat, sekaligus mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan. Selain itu, jendela besar juga menciptakan kesan luas dan lega, sehingga hunian terasa lebih besar dan tidak sumpek.

Selain fungsi praktisnya, jendela besar juga menjadi elemen dekoratif yang kuat dalam desain rumah industrial 2 lantai. Jendela besar dengan bingkai besi hitam atau kayu berwarna gelap akan memberikan kesan industrial yang kuat. Jendela-jendela ini dapat dipasang pada dinding bata ekspos atau dinding beton, sehingga menciptakan kontras yang menarik dan memperkuat karakteristik industrial pada hunian.

Pencahayaan Dramatis

Pencahayaan dramatis merupakan salah satu ciri khas desain rumah industrial 2 lantai. Penggunaan pencahayaan yang dramatis memberikan kesan tegas dan maskulin, sekaligus memperkuat karakteristik industrial pada hunian. Pencahayaan dramatis dapat dicapai melalui penggunaan lampu gantung besar, lampu dinding, dan lampu sorot yang diarahkan pada elemen-elemen tertentu dalam ruangan.

Penggunaan pencahayaan dramatis dalam desain rumah industrial 2 lantai memiliki beberapa manfaat. Pertama, pencahayaan dramatis dapat menciptakan kesan luas dan lega. Hal ini sangat penting untuk hunian bergaya industrial yang biasanya memiliki denah lantai terbuka dan minim sekat. Pencahayaan dramatis membuat ruangan terasa lebih besar dan tidak sumpek, sehingga penghuni dapat merasa lebih nyaman dan bebas bergerak.

Kedua, pencahayaan dramatis dapat menjadi penopang yang baik untuk elemen-elemen industrial lainnya, seperti dinding bata ekspos, lantai beton, dan langit-langit tinggi. Pencahayaan yang diarahkan pada elemen-elemen ini akan memberikan kesan industrial yang kuat, sekaligus berfungsi sebagai dekorasi yang menarik. Pencahayaan dramatis juga dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang berbeda-beda, misalnya suasana yang hangat dan nyaman atau suasana yang lebih formal dan elegan.

Perabotan bergaya industrial

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, pemilihan perabotan sangat berpengaruh untuk menciptakan karakteristik industrial yang kuat. Perabotan bergaya industrial memiliki ciri khas yang sesuai dengan elemen-elemen industrial lainnya, seperti dinding bata ekspos, lantai beton, dan langit-langit tinggi. Perabotan ini biasanya terbuat dari material yang kokoh dan tahan lama, seperti besi, kayu, dan kulit, dengan desain yang sederhana dan fungsional.

Penggunaan perabotan bergaya industrial dalam desain rumah industrial 2 lantai memiliki beberapa manfaat. Pertama, perabotan ini dapat memperkuat kesan industrial pada hunian. Material dan desain yang digunakan pada perabotan industrial sangat cocok untuk melengkapi elemen-elemen industrial lainnya, sehingga menciptakan kesatuan desain yang harmonis. Kedua, perabotan bergaya industrial biasanya sangat fungsional dan tahan lama. Hal ini sangat sesuai dengan karakteristik rumah industrial yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan.

Dalam praktiknya, terdapat banyak jenis perabotan bergaya industrial yang dapat digunakan dalam desain rumah industrial 2 lantai. Beberapa contohnya adalah meja makan dari kayu solid dengan kaki besi, sofa kulit dengan desain simpel, dan lampu gantung dengan kap lampu dari logam. Perabotan-perabotan ini dapat dipadukan dengan elemen-elemen industrial lainnya untuk menciptakan hunian yang bergaya dan nyaman.

Dekorasi Logam

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, dekorasi logam memegang peranan penting dalam menciptakan kesan industrial yang kuat dan maskulin. Dekorasi logam dapat diaplikasikan pada berbagai elemen interior, mulai dari furnitur hingga aksesori, untuk menambah sentuhan industrial yang khas.

  • Furniture Logam: Penggunaan furniture logam, seperti meja, kursi, dan rak, sangat umum dalam desain rumah industrial. Furniture logam biasanya memiliki desain yang simpel dan fungsional, dengan rangka besi atau baja yang kokoh.
  • Lampu Logam: Lampu logam, seperti lampu gantung, lampu dinding, dan lampu meja, juga menjadi elemen dekorasi logam yang populer. Lampu logam biasanya memiliki kap lampu dari logam, seperti besi, aluminium, atau tembaga, yang memberikan kesan industrial yang kuat.
  • Aksesori Logam: Aksesori logam, seperti patung, vas, dan bingkai foto, dapat menambah sentuhan industrial pada ruangan. Aksesori logam biasanya terbuat dari besi, baja, atau aluminium, dengan finishing yang antik atau berkarat untuk menciptakan kesan industrial yang lebih otentik.
  • Dinding Logam: Penggunaan dinding logam, seperti dinding besi atau dinding aluminium, dapat menjadi elemen dekorasi logam yang sangat mencolok. Dinding logam memberikan kesan industri yang kuat dan dapat dipadukan dengan elemen industrial lainnya, seperti dinding bata ekspos atau lantai beton.

Dekorasi logam dalam desain rumah industrial 2 lantai tidak hanya menambah kesan industrial, tetapi juga memiliki nilai fungsional. Furniture logam yang kokoh dan tahan lama, lampu logam yang memberikan pencahayaan yang baik, serta aksesori logam yang dapat digunakan untuk menata ruangan. Selain itu, dekorasi logam juga mudah dirawat dan dapat bertahan lama, sehingga sangat cocok untuk hunian bergaya industrial yang mengutamakan kepraktisan dan daya tahan.

Tangga Besi

Dalam desain rumah industrial 2 lantai, tangga besi memegang peranan penting sebagai elemen penghubung antar lantai sekaligus penambah karakter industrial pada hunian. Tangga besi memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Konstruksi Kokoh: Tangga besi dikenal sangat kokoh dan tahan lama, sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang.
  • Desain Minimalis: Tangga besi biasanya memiliki desain yang minimalis dengan garis-garis tegas, sehingga tidak memakan banyak ruang dan sesuai dengan karakter industrial.
  • Tampilan Industrial: Tangga besi memberikan kesan industrial yang kuat, terutama jika dipadukan dengan elemen industrial lainnya seperti dinding bata ekspos atau lantai beton.
  • Mudah Dirawat: Tangga besi mudah dibersihkan dan dirawat, cukup dengan dilap atau dicat ulang secara berkala.

Selain aspek-aspek tersebut, tangga besi juga dapat difinishing dengan berbagai cara, seperti dicat dengan warna hitam atau diberikan lapisan anti karat, sehingga dapat disesuaikan dengan konsep desain rumah industrial 2 lantai secara keseluruhan.

Pertanyaan Umum tentang Desain Rumah Industrial 2 Lantai

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang desain rumah industrial 2 lantai, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa ciri khas utama desain rumah industrial 2 lantai?

Jawaban: Ciri khas desain rumah industrial 2 lantai meliputi dinding bata ekspos, lantai beton, langit-langit tinggi, jendela besar, pencahayaan dramatis, perabotan bergaya industrial, dekorasi logam, dan tangga besi.

Pertanyaan 2: Apa kelebihan menggunakan dinding bata ekspos pada desain rumah industrial 2 lantai?

Jawaban: Dinding bata ekspos memberikan kesan industrial yang kuat, estetika yang unik, fungsionalitas, dan kemudahan perawatan.

Pertanyaan 3: Mengapa langit-langit tinggi menjadi ciri khas desain rumah industrial 2 lantai?

Jawaban: Langit-langit tinggi menciptakan kesan luas dan lega, memungkinkan masuknya lebih banyak cahaya alami, dan dapat menjadi penopang yang baik untuk elemen-elemen industrial lainnya.

Pertanyaan 4: Apa fungsi pencahayaan dramatis dalam desain rumah industrial 2 lantai?

Jawaban: Pencahayaan dramatis menciptakan kesan luas dan lega, memperkuat karakteristik industrial pada hunian, dan dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang berbeda-beda.

Pertanyaan 5: Apa jenis material yang biasa digunakan untuk perabotan bergaya industrial?

Jawaban: Perabotan bergaya industrial biasanya terbuat dari material yang kokoh dan tahan lama, seperti besi, kayu, dan kulit, dengan desain yang sederhana dan fungsional.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara merawat tangga besi pada desain rumah industrial 2 lantai?

Jawaban: Tangga besi mudah dibersihkan dan dirawat, cukup dengan dilap atau dicat ulang secara berkala.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang desain rumah industrial 2 lantai yang perlu diketahui. Dengan memahami aspek-aspek penting dari gaya desain ini, Anda dapat menciptakan hunian yang bergaya dan nyaman sesuai dengan karakteristik industrial.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang tips dan inspirasi untuk mengimplementasikan desain rumah industrial 2 lantai pada hunian Anda.

Tips Mendesain Rumah Industrial 2 Lantai

Untuk menciptakan desain rumah industrial 2 lantai yang bergaya dan nyaman, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Gunakan dinding bata ekspos untuk memberikan kesan industrial yang kuat dan estetika yang unik. Padukan dengan lantai beton untuk memperkuat karakteristik industrial.

Tip 2: Manfaatkan langit-langit tinggi untuk menciptakan kesan luas dan lega, serta memungkinkan masuknya lebih banyak cahaya alami. Jendela besar dengan bingkai besi hitam akan menambah kesan industrial.

Tip 3: Terapkan pencahayaan dramatis menggunakan lampu gantung besar, lampu dinding, dan lampu sorot untuk memperkuat kesan industrial dan menciptakan suasana yang berbeda-beda.

Tip 4: Pilih perabotan bergaya industrial yang terbuat dari material seperti besi, kayu, dan kulit, dengan desain yang sederhana dan fungsional.

Tip 5: Tambahkan dekorasi logam pada furnitur, lampu, aksesori, dan bahkan dinding untuk memberikan sentuhan industrial yang khas.

Tip 6: Gunakan tangga besi sebagai penghubung antar lantai, sekaligus menambah karakter industrial pada hunian. Finishing tangga dapat disesuaikan dengan konsep desain secara keseluruhan.

Tip 7: Padukan elemen industrial dengan material alami seperti kayu dan tanaman hijau untuk menciptakan keseimbangan dan kenyamanan.

Tip 8: Perhatikan setiap detail, seperti pemilihan lampu, pegangan tangan tangga, dan aksesori, untuk memperkuat karakteristik industrial secara menyeluruh.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menciptakan desain rumah industrial 2 lantai yang bergaya, nyaman, dan sesuai dengan karakteristik hunian bergaya industrial.

Selanjutnya, kita akan membahas lebih dalam tentang tren terbaru dalam desain rumah industrial 2 lantai, untuk memberikan inspirasi dan membantu Anda mewujudkan hunian industrial impian Anda.

Kesimpulan

Desain rumah industrial 2 lantai menawarkan perpaduan unik antara gaya dan kenyamanan, yang ditandai dengan penggunaan dinding bata ekspos, lantai beton, langit-langit tinggi, dan elemen-elemen industrial lainnya. Gaya desain ini mengedepankan karakteristik yang kuat, fungsionalitas, dan kemudahan perawatan, menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan hunian yang bergaya dan praktis.

Beberapa poin utama yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain rumah industrial 2 lantai meliputi pemanfaatan material yang khas, seperti besi dan kayu, serta penerapan pencahayaan dramatis untuk memperkuat kesan industrial. Selain itu, pemilihan perabotan dan dekorasi yang sesuai, seperti furnitur bergaya industrial dan aksesori logam, menjadi kunci dalam menciptakan suasana industrial yang harmonis.

Youtube Video:


Related posts