Petualangan dalam Minecraft: Desain Rumah Minecraft Survival

Petualangan dalam Minecraft: Desain Rumah Minecraft Survival
Petualangan dalam Minecraft: Desain Rumah Minecraft Survival

RumahMinima.com – Untuk anda yang sedang mencari Petualangan dalam Minecraft: Desain Rumah Minecraft Survival  berikut kami rangkum ide seputar desain rumah Desain Rumah Minecraft Survival Inspirasi Desain Rumah, Dekorasi Interior Eksterior Rumah, Pagar Rumah, Railing Tangga, Kanopi serta Tips Membangun Rumah, Jasa Konstruksi dan Pembuatan Rumah.

Desain Rumah Minecraft Survival

Desain rumah Minecraft Survival adalah sebuah rancangan atau kerangka bangunan di dalam permainan Minecraft yang dirancang khusus untuk membantu pemain bertahan hidup dan berkembang dalam mode permainan Survival. Desain ini biasanya mencakup berbagai fitur seperti sistem pertahanan, ruang penyimpanan yang luas, dan sumber daya yang mudah diakses.

Read More

Desain rumah Minecraft Survival sangat penting karena dapat memberikan perlindungan, kenyamanan, dan efisiensi bagi pemain. Desain yang baik dapat membantu pemain bertahan dari serangan monster, menyimpan barang-barang berharga dengan aman, dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan dengan mudah. Salah satu perkembangan penting dalam sejarah desain rumah Minecraft Survival adalah diperkenalkannya blok Redstone, yang memungkinkan pemain untuk membuat mekanisme otomatis dan sistem keamanan yang lebih canggih.

Artikel ini akan membahas berbagai aspek desain rumah Minecraft Survival, termasuk jenis desain yang berbeda, fitur-fitur penting, dan tips untuk membangun desain yang efektif. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar desain rumah Minecraft Survival, pemain dapat menciptakan tempat berlindung yang aman dan nyaman yang akan membantu mereka bertahan hidup dan berkembang dalam mode permainan Survival.

Desain Rumah Minecraft Survival

Dalam merancang rumah Minecraft Survival yang efektif, terdapat beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Aspek-aspek ini mencakup berbagai dimensi desain, mulai dari pemilihan lokasi hingga optimalisasi ruang.

  • Lokasi
  • Bahan
  • Pertahanan
  • Penyimpanan
  • Pencahayaan
  • Efisiensi
  • Estetika
  • Otomatisasi
  • Ekspansi

Lokasi yang strategis dapat memberikan akses mudah ke sumber daya penting seperti air, kayu, dan makanan. Pemilihan bahan yang tepat akan menentukan daya tahan dan estetika rumah. Pertahanan yang kokoh sangat penting untuk melindungi pemain dari serangan monster. Sistem penyimpanan yang terorganisir akan memudahkan pemain untuk menemukan barang-barang yang dibutuhkan. Pencahayaan yang cukup akan mencegah monster bertelur di dalam rumah. Efisiensi dalam desain akan menghemat waktu dan sumber daya pemain. Sentuhan estetika dapat membuat rumah lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Otomatisasi dapat digunakan untuk menyederhanakan tugas-tugas seperti pencahayaan dan pertanian. Perencanaan ekspansi akan memungkinkan pemain untuk memperluas rumah mereka di masa depan tanpa harus membangun kembali dari awal.

Lokasi

Lokasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam desain rumah Minecraft Survival. Pemilihan lokasi yang tepat dapat memengaruhi berbagai aspek permainan, seperti akses ke sumber daya, kemudahan bertahan hidup, dan kenyamanan secara keseluruhan.

  • Dekat Sumber Air
    Sumber air sangat penting untuk bertahan hidup di Minecraft. Membangun rumah di dekat sumber air, seperti sungai atau danau, akan memudahkan pemain untuk mendapatkan air untuk minum, menanam tanaman, dan memadamkan api.
  • Dekat Sumber Makanan
    Sumber makanan juga penting untuk bertahan hidup di Minecraft. Membangun rumah di dekat sumber makanan, seperti hutan atau ladang, akan memudahkan pemain untuk mendapatkan makanan untuk bertahan hidup.
  • Dekat Bahan Bangunan
    Bahan bangunan sangat penting untuk membangun dan memperbaiki rumah. Membangun rumah di dekat sumber bahan bangunan, seperti hutan atau tambang, akan memudahkan pemain untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan.
  • Dekat Tempat Persembunyian
    Tempat persembunyian sangat penting untuk melindungi pemain dari serangan monster. Membangun rumah di dekat tempat persembunyian, seperti gua atau bukit, akan memudahkan pemain untuk berlindung dari bahaya.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini ketika memilih lokasi untuk rumah Minecraft Survival, pemain dapat meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup dan berkembang dalam mode permainan Survival.

Bahan

Pemilihan bahan yang tepat merupakan aspek penting dalam desain rumah Minecraft Survival. Bahan yang berbeda memiliki sifat dan kegunaan yang berbeda, sehingga penting untuk memahami karakteristik masing-masing bahan sebelum digunakan dalam konstruksi.

  • Kayu
    Kayu adalah bahan yang paling umum digunakan dalam konstruksi rumah Minecraft Survival. Kayu mudah didapat dan dapat digunakan untuk membuat berbagai struktur, termasuk dinding, lantai, dan atap. Namun, kayu mudah terbakar, sehingga pemain harus berhati-hati untuk melindungi rumah mereka dari kebakaran.
  • Batu
    Batu adalah bahan yang lebih tahan lama daripada kayu, tetapi juga lebih sulit untuk ditambang. Batu dapat digunakan untuk membuat dinding, lantai, dan atap yang lebih tahan terhadap serangan monster dan kebakaran. Namun, batu lebih mahal daripada kayu, sehingga pemain mungkin ingin menggunakannya secara strategis di area-area penting seperti ruang penyimpanan atau ruang bawah tanah.
  • Tanah
    Tanah adalah bahan yang paling murah dan mudah didapat dalam Minecraft. Tanah dapat digunakan untuk membuat dinding, lantai, dan atap, tetapi tidak sekuat kayu atau batu. Tanah juga mudah terbakar, sehingga pemain harus berhati-hati untuk melindungi rumah mereka dari kebakaran.
  • Kaca
    Kaca adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat jendela dan pintu. Kaca memungkinkan pemain untuk melihat ke luar rumah mereka tanpa membiarkan monster masuk. Namun, kaca mudah pecah, sehingga pemain harus berhati-hati untuk melindungi jendela dan pintu mereka dari serangan.

Dengan memahami sifat dan kegunaan masing-masing bahan, pemain dapat membuat keputusan yang tepat tentang bahan yang akan digunakan dalam pembangunan rumah Minecraft Survival mereka. Kombinasi bahan yang berbeda dapat digunakan untuk menciptakan struktur yang kuat, tahan lama, dan aman.

Pertahanan

Dalam konteks desain rumah Minecraft Survival, pertahanan memainkan peran penting dalam melindungi pemain dari serangan monster dan menjaga keamanan tempat tinggal mereka. Ada berbagai aspek pertahanan yang perlu dipertimbangkan saat merancang rumah Minecraft Survival, antara lain:

  • Dinding dan Pagar

    Dinding dan pagar berfungsi sebagai penghalang fisik yang mencegah monster masuk ke dalam rumah. Dinding dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, batu, atau tanah, dan harus cukup tinggi dan kokoh untuk menahan serangan monster.

  • Lubang Jebakan

    Lubang jebakan adalah cara efektif untuk mengelabui dan menjebak monster. Lubang jebakan dapat dibuat dengan menggali lubang sedalam dua blok dan menutupinya dengan blok lain yang dapat dibuka atau ditutup dengan mekanisme redstone.

  • Penerangan

    Monster tidak dapat bertelur di area yang terang,, pencahayaan yang cukup merupakan aspek penting dari pertahanan rumah Minecraft Survival. Penerangan dapat diberikan oleh obor, lampu redstone, atau sumber cahaya lainnya.

  • Pintu Besi

    Pintu besi jauh lebih kuat daripada pintu kayu dan tidak dapat dihancurkan oleh monster. Menggunakan pintu besi untuk pintu masuk rumah dapat memberikan perlindungan tambahan dari serangan monster.

Dengan menggabungkan berbagai aspek pertahanan ini, pemain dapat menciptakan rumah Minecraft Survival yang aman dan terlindungi dari serangan monster. Perencanaan dan pelaksanaan pertahanan yang matang dapat sangat meningkatkan peluang pemain untuk bertahan hidup dan berkembang dalam mode permainan Survival.

Penyimpanan

Penyimpanan merupakan aspek krusial dalam desain rumah Minecraft Survival. Tanpa sistem penyimpanan yang memadai, pemain akan kesulitan untuk mengatur dan mengakses sumber daya yang mereka kumpulkan. Hal ini dapat menyebabkan pemborosan, kehilangan barang, dan kesulitan dalam bertahan hidup.

Penyimpanan diimplementasikan dalam desain rumah Minecraft Survival melalui berbagai struktur dan mekanisme. Pemain dapat membuat peti untuk menyimpan barang-barang mereka, serta membangun ruangan atau area khusus sebagai tempat penyimpanan. Selain itu, pemain dapat menggunakan gerobak tambang dengan peti sebagai sistem penyimpanan bergerak. Hal ini memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengangkut barang-barang mereka saat bepergian.

Penyimpanan yang efektif dalam desain rumah Minecraft Survival memberikan banyak manfaat. Pertama, penyimpanan membantu pemain untuk mengorganisir dan mengakses sumber daya mereka dengan cepat dan mudah. Kedua, penyimpanan yang tepat dapat menghemat ruang di dalam rumah dan menjaga agar tetap rapi. Ketiga, penyimpanan yang aman dapat melindungi barang-barang berharga dari monster dan pemain lain.

Pencahayaan

Pencahayaan memainkan peran penting dalam desain rumah Minecraft Survival. Tanpa pencahayaan yang cukup, rumah akan menjadi gelap dan suram, sehingga sulit untuk dilihat dan dinavigasi. Lebih penting lagi, kegelapan menarik monster, yang dapat menyerang pemain saat mereka paling rentan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa rumah Minecraft Survival memiliki pencahayaan yang cukup. Ini dapat dilakukan dengan menempatkan obor atau lampu redstone di seluruh rumah. Obor adalah sumber cahaya yang murah dan mudah dibuat, sementara lampu redstone dapat memberikan lebih banyak cahaya dan dapat dikontrol dengan mekanisme redstone.

Selain membuat rumah lebih aman dan mudah dinavigasi, pencahayaan juga dapat digunakan untuk menciptakan efek dekoratif. Misalnya, pemain dapat menggunakan lampu redstone untuk membuat lampu yang berkelap-kelip atau lampu suasana. Pencahayaan juga dapat digunakan untuk menyorot area tertentu di rumah, seperti ruang penyimpanan atau ruang kerajinan.

Dengan memahami hubungan antara pencahayaan dan desain rumah Minecraft Survival, pemain dapat membuat rumah yang lebih aman, lebih nyaman, dan lebih estetis.

Efisiensi

Dalam konteks desain rumah Minecraft Survival, efisiensi mengacu pada optimalisasi penggunaan ruang, sumber daya, dan waktu untuk menciptakan rumah yang fungsional dan nyaman. Dengan menerapkan prinsip-prinsip efisiensi, pemain dapat meningkatkan kelangsungan hidup dan kenyamanan mereka dalam mode permainan Survival.

  • Tata Letak yang Kompak

    Tata letak rumah yang kompak meminimalkan ruang yang terbuang dan memfasilitasi pergerakan yang cepat dan mudah. Pemain dapat menggunakan tangga dan pintu jebakan untuk menghemat ruang vertikal, serta mengatur ruangan secara strategis untuk memaksimalkan penggunaan ruang.

  • Penggunaan Bahan yang Cerdas

    Memilih bahan yang tepat sangat penting untuk efisiensi. Bahan yang tahan lama dan mudah diperoleh, seperti batu atau kayu, dapat menghemat waktu dan sumber daya dalam jangka panjang. Pemain juga dapat menggunakan fitur permainan seperti balok piston untuk menghemat ruang dan menciptakan mekanisme yang efisien.

  • Otomatisasi Tugas

    Menerapkan mekanisme redstone untuk mengotomatisasi tugas-tugas seperti pencahayaan, pertanian, dan pertambangan dapat menghemat waktu dan tenaga yang berharga. Pemain dapat membuat sistem yang memanen tanaman secara otomatis atau menyalakan lampu dengan menekan tombol.

  • Aksesibilitas Sumber Daya

    Membangun rumah di dekat sumber daya penting, seperti air, kayu, dan makanan, dapat meningkatkan efisiensi. Pemain dapat meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk mengumpulkan sumber daya dan menggunakan waktu tersebut untuk aktivitas lain yang lebih produktif.

Dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip efisiensi ini, pemain dapat merancang rumah Minecraft Survival yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan berkembang dengan lebih mudah. Efisiensi menciptakan lingkungan yang nyaman dan fungsional, membebaskan pemain dari tugas-tugas yang membosankan dan memungkinkan mereka untuk fokus pada eksplorasi, pertempuran, dan aspek lain dari permainan yang lebih menyenangkan.

Estetika

Dalam konteks desain rumah Minecraft Survival, estetika mengacu pada aspek visual dan keindahan rumah. Meskipun aspek estetika mungkin tidak sepenting aspek fungsional seperti pertahanan dan penyimpanan, namun tetap memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan menginspirasi.

Estetika dapat memengaruhi desain rumah Minecraft Survival dalam berbagai cara. Misalnya, pemain dapat menggunakan berbagai jenis bahan dan blok untuk menciptakan tekstur dan pola yang unik. Mereka juga dapat menggunakan pencahayaan untuk menciptakan suasana dan efek dramatis. Selain itu, pemain dapat menggunakan furnitur dan dekorasi untuk mempersonalisasi rumah mereka dan membuatnya lebih nyaman.

Meskipun estetika tidak selalu menjadi prioritas utama dalam desain rumah Minecraft Survival, namun memiliki beberapa manfaat praktis. Misalnya, rumah yang dirancang secara estetis dapat lebih menyenangkan untuk ditinggali dan dapat menginspirasi pemain untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalamnya. Selain itu, rumah yang dirancang dengan baik dapat menjadi sumber kebanggaan bagi pemain dan dapat menarik perhatian pemain lain.

Secara keseluruhan, estetika merupakan aspek penting dalam desain rumah Minecraft Survival. Meskipun tidak sepenting aspek fungsional, estetika dapat meningkatkan pengalaman bermain pemain dan menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan dan menginspirasi.

Otomatisasi

Dalam konteks desain rumah Minecraft Survival, otomatisasi mengacu pada penggunaan mekanisme redstone dan perangkat lain untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang biasanya dilakukan secara manual. Otomatisasi dapat menghemat waktu dan tenaga, meningkatkan efisiensi, dan membuat rumah lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

Ada banyak cara untuk menerapkan otomatisasi dalam desain rumah Minecraft Survival. Misalnya, pemain dapat menggunakan mekanisme redstone untuk membuat sistem pencahayaan otomatis, pintu jebakan otomatis, dan bahkan sistem pertanian otomatis. Sistem-sistem ini dapat dikonfigurasi untuk bekerja secara mandiri, membebaskan pemain dari tugas-tugas yang membosankan dan memungkinkan mereka untuk fokus pada aspek lain dari permainan.

Otomatisasi merupakan komponen penting dalam desain rumah Minecraft Survival yang efektif. Dengan mengotomatiskan tugas-tugas sehari-hari, pemain dapat membebaskan waktu mereka untuk eksplorasi, pertempuran, atau aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Selain itu, otomatisasi dapat membuat rumah lebih aman dan lebih mudah dipertahankan, karena sistem otomatis dapat diandalkan untuk melakukan tugas-tugas penting bahkan saat pemain sedang offline.

Secara keseluruhan, otomatisasi adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan pemain untuk meningkatkan desain rumah Minecraft Survival mereka. Dengan menerapkan prinsip-prinsip otomatisasi, pemain dapat menciptakan rumah yang lebih efisien, nyaman, dan menyenangkan.

Ekspansi

Ekspansi merupakan aspek penting dalam desain rumah Minecraft Survival. Seiring perkembangan pemain dan kemajuan mereka dalam permainan, kebutuhan akan ruang dan sumber daya tambahan menjadi semakin mendesak. Ekspansi memungkinkan pemain untuk memperluas rumah mereka, menambahkan ruangan dan fitur baru, dan meningkatkan kapasitas penyimpanan mereka.

Ada banyak cara untuk mengimplementasikan ekspansi dalam desain rumah Minecraft Survival. Pemain dapat memperluas rumah mereka secara horizontal, dengan menambahkan ruangan baru ke sisi atau belakang rumah. Mereka juga dapat memperluas rumah mereka secara vertikal, dengan menambahkan lantai atau tingkat baru. Selain itu, pemain dapat membuat struktur tambahan di sekitar rumah mereka, seperti lumbung untuk penyimpanan atau menara pengawas untuk pertahanan.

Ekspansi yang efektif membutuhkan perencanaan dan persiapan yang cermat. Pemain harus mempertimbangkan sumber daya yang tersedia, medan di sekitar rumah mereka, dan kebutuhan jangka panjang mereka. Dengan perencanaan yang tepat, ekspansi dapat dilakukan dengan mulus dan efisien, sehingga pemain dapat terus mengembangkan dan menikmati rumah Minecraft Survival mereka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Desain Rumah Minecraft Survival

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) ini akan membahas berbagai aspek desain rumah Minecraft Survival, mulai dari pemilihan lokasi hingga teknik ekspansi. FAQ ini bertujuan untuk mengantisipasi pertanyaan umum dan memberikan informasi yang komprehensif bagi pemain yang ingin menciptakan tempat tinggal yang aman dan efisien dalam mode permainan Survival.

Pertanyaan 1: Apa faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih lokasi untuk rumah Minecraft Survival?

Saat memilih lokasi, pertimbangkan sumber daya penting seperti air, makanan, dan bahan bangunan. Lokasi yang strategis akan memudahkan pemain untuk bertahan hidup dan berkembang dalam mode permainan Survival.

Pertanyaan 2: Bahan apa yang paling cocok untuk membangun rumah Minecraft Survival?

Kayu adalah bahan yang umum digunakan karena mudah didapat. Batu lebih tahan lama tetapi lebih sulit ditambang. Pemain dapat menggabungkan berbagai bahan untuk menciptakan struktur yang kuat dan seimbang.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara melindungi rumah Minecraft Survival dari serangan monster?

Bangun dinding yang tinggi dan kokoh, serta lengkapi dengan pintu besi. Penerangan yang cukup akan mencegah monster bertelur di dalam rumah. Lubang jebakan juga dapat digunakan untuk menjebak dan membunuh monster.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengelola penyimpanan di rumah Minecraft Survival?

Buat peti dan ruangan khusus untuk menyimpan barang-barang. Manfaatkan gerobak tambang dengan peti sebagai penyimpanan bergerak. Sistem penyimpanan yang terorganisir akan memudahkan pemain untuk menemukan dan mengakses sumber daya yang dibutuhkan.

Pertanyaan 5: Mengapa penerangan penting dalam desain rumah Minecraft Survival?

Pencahayaan yang cukup membuat rumah lebih aman dan mudah dinavigasi. Pencahayaan juga dapat digunakan untuk menciptakan efek dekoratif dan menyorot area tertentu di dalam rumah.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara memperluas rumah Minecraft Survival untuk mengakomodasi kebutuhan yang berkembang?

Ekspansi dapat dilakukan secara horizontal atau vertikal, dengan menambahkan ruangan atau tingkat baru. Perencanaan yang cermat sangat penting untuk ekspansi yang sukses. Pemain harus mempertimbangkan sumber daya yang tersedia, medan di sekitar rumah, dan kebutuhan jangka panjang mereka.

FAQ ini memberikan pemahaman dasar tentang prinsip-prinsip desain rumah Minecraft Survival. Dengan mengikuti tips dan teknik yang diuraikan di sini, pemain dapat menciptakan tempat tinggal yang aman, efisien, dan nyaman dalam mode permainan Survival. Pembahasan lebih lanjut tentang topik ini akan mengeksplorasi teknik desain lanjutan, mekanisme otomatisasi, dan tren desain terbaru.

Lanjutkan Membaca: Teknik Desain Lanjutan untuk Rumah Minecraft Survival

Tips Desain Rumah Minecraft Survival

Bagian ini akan menyajikan serangkaian tips praktis dan efektif untuk membantu pemain merancang rumah Minecraft Survival yang aman, efisien, dan nyaman.

Tip 1: Pilih Lokasi yang Strategis
Pilih lokasi yang dekat dengan sumber air, makanan, dan bahan bangunan untuk memudahkan akses dan kelangsungan hidup.

Tip 2: Gunakan Kombinasi Bahan yang Tepat
Gunakan kayu untuk kemudahan perolehan, batu untuk daya tahan, dan kaca untuk pencahayaan alami.

Tip 3: Perkuat Pertahanan
Bangun dinding yang tinggi, gunakan pintu besi, dan ciptakan mekanisme jebakan untuk melindungi rumah dari serangan monster.

Tip 4: Optimalkan Penyimpanan
Buat peti dan ruangan khusus untuk menyimpan barang-barang, dan manfaatkan gerobak tambang dengan peti untuk penyimpanan bergerak.

Tip 5: Pastikan Pencahayaan yang Cukup
Tempatkan obor atau lampu redstone di seluruh rumah untuk mencegah monster bertelur dan memudahkan navigasi.

Tip 6: Manfaatkan Otomatisasi
Gunakan mekanisme redstone untuk mengotomatiskan tugas-tugas seperti pencahayaan, pertanian, dan pertambangan untuk menghemat waktu dan tenaga.

Tip 7: Rencanakan Ekspansi
Pertimbangkan kebutuhan masa depan dan rencanakan ekspansi rumah secara bertahap untuk mengakomodasi pertumbuhan dan penyimpanan tambahan.

Tip 8: Perhatikan Estetika
Gunakan berbagai bahan dan teknik pencahayaan untuk menciptakan rumah yang tidak hanya fungsional tetapi juga estetis.

Kesimpulan
Dengan mengikuti tips ini, pemain dapat meningkatkan desain rumah Minecraft Survival mereka secara signifikan, menciptakan lingkungan yang lebih aman, lebih nyaman, dan lebih menyenangkan untuk ditinggali.

Transisi
Tips-tips ini merupakan dasar untuk merancang rumah Minecraft Survival yang efektif. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas teknik desain lanjutan yang dapat digunakan untuk menciptakan rumah yang lebih rumit dan canggih.

Kesimpulan

Desain rumah Minecraft Survival merupakan aspek penting dalam mode permainan Survival. Dengan memilih lokasi yang strategis, menggunakan kombinasi bahan yang tepat, memperkuat pertahanan, mengoptimalkan penyimpanan, dan menerapkan pencahayaan yang cukup, pemain dapat menciptakan lingkungan hidup yang aman dan nyaman. Selain itu, pemanfaatan otomatisasi, perencanaan ekspansi, dan perhatian pada estetika dapat semakin meningkatkan kualitas desain rumah Minecraft Survival.

Menciptakan desain rumah Minecraft Survival yang efektif tidak hanya memastikan kelangsungan hidup pemain, tetapi juga meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip desain yang tepat, pemain dapat membangun tempat tinggal yang menjadi pusat petualangan dan kreativitas mereka di dunia Minecraft yang luas dan menantang.

Youtube Video:


Related posts